×
Friday, 28 February 2020 / Published in Berita

indopos.co.id – Pemerintah daerah Sulawesi Barat berencana membuka jalur pelayaran Tanjung Silopo Polman – Lahad Datu Malaysia. Hal ini ditujukan untuk mendorong roda perekonomian di wilayah sekitar. 

Bea Cukai Parepare juga ikut terlibat dalam rencana pembukaan jalur tersebut sebagai salah satu instansi yang berwenang mengawasi arus lalu lintas barang yang keluar dan masuk Indonesia.

Dalam rapat koordinasi yang diadakan organisasi perangkat daerah pemerintah provinsi Sulawesi Barat, Pemerintah Kabupaten Polman, dan instansi terkait lainnya termasuk Bea Cukai, Kepala Kantor Bea Cukai Parepare, Nugroho Wigijarto, menyatakan bahwa kesiapan jajaran Bea Cukai untuk berperan aktif menyukseskan program ini. 

“Kami siap membantu dan mendukung pembukaan jalur pelayaran ini. Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap perekonomian di sini karena pembukaan jalur pelayaran secara langsung dari sini akan memotong biaya logistik,” ungkapnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://indopos.co.id/read/2020/02/27/223220/bea-cukai-parepare-siap-bantu-pembukaan-jalur-pelayaran-pelabuhan-silopo-lahad-datu-malaysia/

Salam,
Divisi Informasi 

Friday, 28 February 2020 / Published in Berita

Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) mengaku telah mengantongi keringanan tarif logistik pangan atau diskon kargo dari maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia, Tbk. Adapun besaran diskon yang diterima Kementan ialah sebesar 20% dari tarif normalnya.

“Ia dapat keringanan dapat 20%,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, dalam diskusi bertajuk Ketahanan Pangan Nasional Berkelanjutan Menuju Indonesia Kuat dan Modern 2045 di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Diskon kargo ini bahkan telah diterima Kementan sejak 2 bulan lalu menyusul kebutuhan akan kelancaran distribusi komoditas pangan. “Sudah sejak 2 bulan lalu,” katanya.

Agung pun menambahkan bahwa diskon ini diterima pihaknya untuk waktu yang tak terbatas. “Tak terbatas pokoknya,” pungkasnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4917095/kementan-dapat-diskon-kargo-dari-garuda-indonesia  

Salam,
Divisi Informasi 

Friday, 28 February 2020 / Published in Berita

JAKARTA, KOMPAS.com – Penertiban pelanggaran kendaraan over dimension over load (ODOL) di jalan tol dan non-tol, ditunda hingga 1 Januari 2023. Sebelumnya aturan itu akan diterapkan pada 2021. 

Hal ini terungkap usai Rapat Pembahasan Kebijakan Penanganan ODOL yang digelar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Direktur Gakkum Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigjen Pol, Kusharyanto, di Kantor Kementerian PUPR, di Jakarta, Senin (24/2/2020). 

Adapun alasan penundaan program pemberantasan kendaraan ODOL (Zero ODOL) ini lantaran munculnya ketidakpastian ekonomi global beberapa waktu belakangan dan mempertimbangkan berbagai hal lainnya.

Pengamat transportasi dan keselamatan berkendara dari Universitas Katolik Soegijapranata, Djoko Setijowarno, menyayangkan keputusan tersebut. Pasalnya, kendaraan berat yang kelebihan dimensi dan muatan sudah meresahkan warga. 

“Dampak ODOL terhadap infrastruktur dan lingkungan telah menyebabkan kerusakan jalan, jembatan, hingga pelaku kecelakaan lalu lintas. Bahkan Kementerian PUPR sendiri menyebut kerugian negara mencapai Rp 43 triliun untuk perbaikan jalan nasional akibat dilewati truk-truk ODOL,” katanya saat dihubungi Kompas.com, di Jakarta, Kamis (27/2/2020). 

“Lalu, pelanggaran ODOL juga menduduki peringkat keempat dari 11 jenis pelanggaran lalu lintas versi Korlantas Polri. Pertama itu pelanggaran surat menyurat (28 persen), lalu pelanggaran marka jalan (26 persen), kemudian pelanggaran terkait penggunaan sabuk pengaman (16 persen),” ucap Djoko.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/28/063200715/larangan-truk-odol-ditunda-pengamat-transportasi-bilang-menperin-harus  

Salam,
Divisi Informasi 

Friday, 28 February 2020 / Published in Berita

Bisnis.com, JAKARTA – Kamar Dagang Indonesia (Kadin) menyatakan rencana tata ruang daerah merupakan kunci percepatan pembangunan kawasan industri dalam rencana pembangunan nasional jangka menengah (RPJMN) 2020-2024.

Wakil Ketua Bidang Pengembangan Kawasan Kadin, Sanny Iskandar, mengatakan terdapat 27 kawasan industri yang ditargetkan akan dibangun pada 2020-2024. Namun, sebagian besar rencana tata ruang pada 27 kawasan industri belum memiliki peruntukan wilayah yang jelas. Menurutnya, pemerintah daerah harus dipicu untuk memperjelas wilayah tempat berdirinya kawasan industri.

“Sampai hari ini, peruntukan tata ruang [pada sebagian 27 kawasan industri tersebut] belum ditetapkan [sebagai kawasan industri]. Akhirnya, secara pemilikan sudah dimiliki izinnya, tapi izin operasinya belum keluar,” ujarnya dalam seminar Roadmap Industri Manufaktur Indonesia, Kamis (27/2/2020).

Sanny melanjutkan keadaan tersebut membuat sebagain besar pembangunan kawasan industri tertahan. Menurutnya, salah satu pasal dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja telah memuat jawaban mengenai deadlock tersebut.

Sanny menyampaikan salah satu pasal RUU omnibus law cipta kerja akan mewajibkan pemerintah daerah untuk mengesahkan rencana peruntukan wilayah setiap 5 tahun. Sanny meramalkan pasal tersebut akan menimbulkan tarik menarik antara industriawan dan pemerintah daerah.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://ekonomi.bisnis.com/read/20200227/257/1206715/ini-kunci-percepatan-pembangunan-kawasan-industri  

Salam,
Divisi Informasi 

Thursday, 27 February 2020 / Published in Berita

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, POS dan Logistik Indonesia (Asperindo) menilai aturan dan perizinan yang dibuat oleh pemerintah sudah cukup sejalan dan tidak banyak menghambat industri logistik.

Ketua Umum Asperindo M Feriadi mengharapkan saat ini pemerintah melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk mengkoneksikan satu provinsi dengan yang lainnya seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandara yang dapat menunjang bisnis logistik supaya lebih murah dan kompetitif.

“Selain itu juga upaya pemerintah untuk terus membangun jaringan internet ke daerah yang dapat membantu aktivitas logistik dari para mitra dagang daring,” jelasnya, Rabu (26/2/2020). Namun, dia juga menyoroti berlakunya PMK 199/PMK.04/2019 30 Januari 2020 lalu.

Sebagaimana diketahui dalam aturan baru tersebut, nilai pembebasan bea masuk atas barang kiriman yang tadinya US$75 turun menjadi US$3 per kiriman. Sehingga barang asal luar negeri yang dikirim dari Batam ke wilayah indonesia lainnya tadinya tidak kena pungutan negara karena masih dibawah US$75, sekarang wajib membayar bea masuk dan PPN untuk setiap barang yang nilainya diatas US$3.

Feriadi mengatakan selama ini kata dia banyak perusahaan logistik yang terbantu melalui pengiriman e-commerce barang-barang yang dihasilkan dari luar negri. Menurutnya dengan adanya aturan baru yang dikeluarkan dalam PMK 199 mengakibatkan peredaran barang impor dalam negeri semakin terbatas dan berpengaruh terhadap volume pengiriman kurir logistik yang banyak bermain dalam pengiriman impor barang.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://ekonomi.bisnis.com/read/20200226/98/1206312/asperindo-butuh-peningkatan-kualitas-infrastruktur-dan-koneksi-internet

Salam,
Divisi Informasi 

Thursday, 27 February 2020 / Published in Berita

SERAMBINEWS.COM, SINABANG – Pengusaha di bidang perikanan di Kabupaten Simeulue mendukung beroperasinya cold storage berkapasitas 100 ton di kawasan Lugu, Simeulue Timur.

Kepastian akan beroperasinya cold storage itu, setelah dilakukannya MoU antara Pemkab Simeulue dengan pihak Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) belum lama ini.

“Sangat mendukung. Alasannya begini, selama ini saat hasil tangkapan nelayan banyak tidak ada yang menampung. Ada pun yang menampung selama ini tapi terbatas sehingga ikan banyak tidak terjual,” ujar Mahlil, selaku pemilik sejumlah alat tangkap Bagan Apung di Sinabang.

Saat cold storage (lemari pendingin) 100 ton itu nanti sudah beroperasi, para pengusaha di bidang perikanan itu pun berharap adanya kepastian harga yang tidak merugikan.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://aceh.tribunnews.com/2020/02/26/pengusaha-perikanan-di-simeulue-dukung-beroperasi-cold-storage-berkapasitas-100-ton-ini-alasannya

Salam,
Divisi Informasi 

Thursday, 27 February 2020 / Published in Berita

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menilai Rancangan Undang Undang Cipta Kerja masih belum maksimal memfasilitasi kebutuhan pengusaha di sektor logistik.

Ketua DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan pihaknya mengapresiasi keberadaan RUU Cipta Kerja yang tujuannya memudahkan investor dalam aspek perizinan usaha. Namun, dia menyayangkan ketika dari sisi logistik yang dijadikan landasan hukum malah aturan yang tidak lengkap.

Menurutnya, yang dijadikan landasan dalam penyusunan RUU Cipta Kerja adalah beleid yang berkaitan dengan aktivitas angkutan multimoda. Padahal, kebijakan yang menyangkut angkutan multimoda tersebut belum mengatur jenis usaha yang lebih holistik di bidang logistik.

“Dari sisi logistik ini mereka [pemerintah] menggunakan cantolan utamanya multimoda, sedangkan multimoda dari PP dan Perpres belum bisa memberikan secara lengkap logistik end to end, itu baru bicara dokumen dan dari sisi moda transportasinya saja,” jelasnya kepada Bisnis, Rabu (26/2/2020).

Sementara itu, jelasnya, kegiatan logistik end to end itu tidak hanya berkaitan dengan moda transportasinya, banyak jenis usaha logistik pula yang tidak hanya berkaitan dengan moda transportasinya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://ekonomi.bisnis.com/read/20200226/98/1206325/alfi-nilai-ruu-cipta-kerja-belum-fasilitasi-sektor-logistik

Salam,
Divisi Informasi 

Thursday, 27 February 2020 / Published in Berita

MN, Jakarta – Dalam rangka memantapkan Rencana Strategis Program Kerja PT Multi Terminal Indonesia (MTI) atau IPC Logistics untuk target jangka pendek 2020 dan menuju tahun 2024, anak usaha PT Pelindo II ini melangkah memasuki era baru.

Era baru dimaksud adalah menjadi leading company bidang logistik di Indonesia, sebagaimana hasil rapat kerja tahunan atau Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2020 yang bertema “The New Era IPC Logistics”.

Direktur Utama IPC Logistics, Mulyadi, menegaskan saat Rakernas pada hari Senin tanggal 24 Februari 2020 di Hotel Ibis Style Sunter Jakarta, bahwa IPC Logistics memiliki target RKAP yang telah ditetapkan oleh Pemegang Saham.

Untuk itu, kata Mulyadi, target harus dapat dicapai perusahaan karena telah menjadi logistics company, antara lain implementasi dari Rencana Jangka Panjang Perusahaan 5 tahun kedepan.

“Momentum Rakernas merupakan bagian dari evaluasi kinerja tahun lalu dan menyiapkan diri menyamakan persepsi, menyatukan gerak langkah sehingga bisa mencapai target yang ditetapkan,” ujar Mulyadi.

Sumber dan berita selengkapnya:
http://maritimnews.com/2020/02/ipc-logistics-memasuki-era-baru/  

Salam,
Divisi Informasi 

Wednesday, 26 February 2020 / Published in Berita

Balikpapan: Sebanyak 28 rute jembatan udara siap beroperasi tahun ini. Rute tersebut menjangkau distrik-distrik di Provinsi Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua dengan tambahan wilayah Tanah Merah sebagai korwil baru.
 
Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan, Sihard Hadjopan Pohan, mengatakan pembukaan rute ini merupakan kerja sama Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, dan operator angkutan udara, serta otoritas bandara.
 
“Tahun ini pemerintah akan mengoperasikan 28 rute jembatan udara. Rakor ini digelar guna mendapatkan masukan dalam membuat kebijakan agar pelaksanaan kegiatan Gerai Maritim melalui pemanfaatan Jembatan Udara dapat lebih optimal dalam menekan disparitas harga,” kata Sihard melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 25 Februari 2020.

Pengoperasian rute jembatan udara ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan secara rutin. Menurut Sihard, penambahan dan pengurangan rute dilakukan berdasarkan usulan dari pemerintah daerah dan hasil evaluasi yang dilakukan setiap tahun.
 
“Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan jembatan udara dapat semakin efektif dan memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan di Indonesia,” ungkap Pohan.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/1bVj8jWb-28-rute-jembatan-udara-siap-beroperasi  

Salam,
Divisi Informasi 

Wednesday, 26 February 2020 / Published in Berita

JAKARTA – Kementerian Perindustrian mendorong industri menggunakan kereta api untuk pengangkutan barang, menyusul regulasi terkait angkutan over dimension dan overload (Odol). Direktur Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam mengatakan, perencanaan terkait penggunaan KA untuk mengangkut barang harus dikebut 2–3 tahun ke depan.

“Kita menginginkan untuk transportasi long distance menggunakan kereta api ke depannya, untuk medium dan short distance (jarak menengah dan dekat) itu pakai truk, ini perencanaan dalam dua hingga tiga tahun harus bisa kita kebut,” kata Khayam, dikutip Antara, Selasa (25/2). Pengangkutan barang dengan KA, tambah Khayam, terbilang ideal khususnya untuk jarak jauh karena ongkos akan lebih murah dalam skala yang masif.

“Sebenarnya, untuk industri perkeretaapiannya sendiri bagus karena maksimum kargonya menyebabkan jadi mass transportation, jadi lebih murah,” ucapnya.

Pengangkutan barang secara masif dan jarak jauh dilakukan dengan KA sudah diterapkan di negara lain. Sementara, truk hanya digunakan untuk skala kecil dan jarak pendek.

Namun saat ini, lintasan kereta barang belum mencapai daerah pelosok, seperti Jawa bagian barat sampai ke Cilegon yang belum dijangkau jalur KA. “Kalau di Jawa ini bagian Utara dan Selatan sudah double track, namun Cilegon-Jakarta belum double track,” ujar Khayam.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.validnews.id/Alternatif-Truk–Kemenperin-Anjurkan-Pakai-Kereta-Api-SOj

Salam,
Divisi Informasi 

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat