×
Thursday, 25 April 2024 / Published in Berita

Jatim Newsroom – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) terus berupaya meningkatkan kualitas produk KUKM dan mendukung percepatan sertifikasi halal bagi usaha mikro dan kecil. 

Khususnya, fasilitasi sertifikasi halal UMKM di Jawa Timur baik secara self declare maupun regular melalui kegiatan Sosialisasi Regulasi Halal Self Declare di Ruang Aria Wiriaatmadja Diskop UKM Jatim. 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim Rabu (24/4/2024), kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan serta penguatan dan pertumbuhan ekosistem halal yang mendorong tumbuh kembang industri halal di Jawa Timur.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh lebih kurang 50 pelaku KUKM ini, Kepala Diskop UKM Jatim, Andromeda Qomariah mengatakan permasalahan UMKM dalam menghadapi persaingan usaha semakin ketat dan berat.

“Mengacu pada UU nomor 33 tahun 2014 khususnya pasal 14 menyatakan produk yang akan diedar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal, maka salah satu kebijakan pemerintah adalah menggratiskan biaya pengurusan sertifikasi halal UMKM dengan cara self declare,” kata Andromeda.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/diskop-ukm-jatim-terus-dukung-percepatan-sertifikasi-halal

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 25 April 2024 / Published in Berita

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengatakan, revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 terkait Kebijakan dan Peraturan Impor dalam tahap harmonisasi yang diperkirakan selesai pekan ini.

“Sudah di harmonisasi, minggu ini saya rasa revisi udah kelar,” ujar Zulkifli usai menghadiri Puncak Perayaan Hari Konsumen Nasional di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu.

Zulkifli menyampaikan, terdapat tiga poin penting dalam revisi Permendag 36/2023 yakni mencabut daftar jenis dan jumlah barang kiriman pekerja migran Indonesia (PMI), aturan jenis dan jumlah barang bawaan penumpang dari luar negeri serta aturan larangan dan pembatasan (lartas) impor.

“Terkait yang orang beli dua pasang dua pasang, nanti berapa saja asal dia bayar pajak, fiskal, jadi enggak saya lagi yang atur, itu juga ngatur-nya di PMK (Peraturan Menteri Keuangan), masa kita lagi yang atur. Pahak bukan urusan Permendag,” kata Zulkifli.

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan bahwa beberapa komoditas yang masuk dalam larangan dan pembatasan (lartas) impor, akan kembali pada Permendag 25/2022.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.antaranews.com/berita/4072185/mendag-sebut-revisi-permendag-36-dalam-tahap-harmonisasi

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 25 April 2024 / Published in Berita

Mataram (NTBSatu) – Amerika Serikat menjadi negara tujuan utama penjualan hasil komoditas ikan dan udang NTB.

Berdasarkan Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB, periode Maret 2024, nilai ekspor ke Negara Paman Sam tersebut tembus 803.640 ribu dolar AS atau sekitar Rp13,06 miliar (asumsi kurs dolar, hari ini, Selasa, 23 April, Rp16.255).

“Selain barang tambang, potensi kelautan dan perikanan kita jadi andalan. Ekspor NTB berupa ikan dan udang, paling banyak ke Amerika Serikat,” ujar Kepala BPS NTB Wahyudin.

Sebagai daerah kepulauan, NTB selama ini dikenal sangat kaya dengan hasil ikan tangkap, seperti cakalang, tongkol, tuna, cumi-cumi, ikan ekor kuning, ikan hiu botol, udang, dan ikan hias.

Berdasarkan Laporan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, potensi produksi perikanan tangkap NTB bisa mencapai 185.518 ton per tahun.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://ntbsatu.com/2024/04/24/komoditas-ikan-dan-udang-ntb-paling-banyak-diekspor-ke-amerika-serikat.html

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 25 April 2024 / Published in Berita

AlurNews.com – Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan (BP) Batam mencatatkan peningkatan jumlah kunjungan kapal ke Pelabuhan dalam wilayah kerja BP Batam pada periode Triwulan I Tahun 2024 sebesar 9 persen, atau sebanyak 24.818 Call. Sedangkan dari sisi GT (Gross Tonnage) terdapat peningkatan sebesar 15% dibandingkan periode yang sama di Tahun 2023 atau mencapai 12.198.068 GT.

Adapun jumlah kunjungan kapal tersebut meliputi kapal barang maupun penumpang yang berkegiatan di wilayah kerja Badan Pengusahaan Batam.

Disampaikan Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar, peningkatan jumlah kunjungan kapal dari sisi Call dan GT merupakan sebuah bukti bahwa Pelabuhan Batam masih terus diandalkan sebagai gerbang masuk domestik dan internasional untuk arus barang maupun penumpang.

“Meningkatnya kunjungan kapal di Pelabuhan Batam yang terdiri dari Pelabuhan Barang dan Pelabuhan Penumpang dapat diartikan sebagai indikator positif perkembangan ekonomi Batam, karena semakin banyak kapal yang melintasi Perairan Batam untuk mengangkut barang dan penumpang,” ujar Dendi dalam keterangan resminya, Senin, (22/4/2024).

Dendi menambahkan, di Pelabuhan Barang yang terdiri dari Terminal Umum Batu Ampar, Terminal Peti Kemas Batu Ampar, Terminal Umum Curah Cair Kabil, Terminal Umum SCN Kabil, Terminal Roro Sekupang, Terminal Umum Sekupang, Terminal MagCobar dan Perairan Batam mencatatkan peningkatan kunjungan kapal dari sisi call sebesar 15% atau 7.666 Call, dan dari sisi GT sebesar 15% atau mencapai 12.023.354 GT pada Triwulan I Tahun 2024.

“Peningkatan dari sisi GT menunjukkan bahwa kapal-kapal yang datang ke Pelabuhan Batam cenderung memiliki ukuran yang lebih besar, yang mengindikasikan pertumbuhan dalam arus lalu lintas barang yang dibongkar maupun dimuat ke kapal,” imbuh Dendi.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://alurnews.com/2024/04/24/triwulan-i-tahun-2024-kunjungan-kapal-ke-pelabuhan-batam-naik-9-persen/

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 24 April 2024 / Published in Berita

Lemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ternyata juga berimbas pada kenaikan ongkos pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Logistik E-Commerce (APLE) sekaligus Direktur Utama SKK Logistics, Sonny Harsono.

Sonny menjelaskan, biasanya pengiriman barang dari luar negeri menggunakan pesawat kargo atau kapal dikenakan tarif dalam bentuk USD. Artinya, pengusaha perlu merogoh kocek lebih tinggi untuk mengirimkan barang di tengah ambruknya mata uang garuda.

“Rupiah ambruk berimbas pada naiknya biaya logistik seperti diketahui harga atau rate air atau sea freight masih dalam USD. Jadi kalau pengusaha logistik atau eksportir ingin mengirimkan barang dengan melemahnya rupiah maka cost pengusaha tersebut naik,” kata Sonny kepada kumparan, Selasa (23/4).

“Contoh, USD 100 per kg = Rp 1,5 juta menjadi Rp 1,7 juta,” tambahnya.

Sonny mengungkapkan, naiknya ongkos kirim bakal berimbas pada harga jual barang ekspor. Sejumlah pengusaha pasti akan menaikkan harga barang ekspor karena naiknya biaya logistik dan harga barang itu sendiri.

“Karena dalam e-commerce barang ekspor e-commerce itu dibayar dalam rupiah tapi cost logistiknya naik, tentu platform akan menaikkan charging kenaikan ke customer,” jelas Sonny.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://kumparan.com/kumparanbisnis/tarif-kargo-barang-naik-imbas-anjloknya-rupiah-22baE00WiDB/full

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 24 April 2024 / Published in Berita

TANJUNGPINANGTODAY.co – Kapal KM Lawit yang merupakan kapal tol laut milik PT Pelni terus melakukan perjalanannya, dari sebelumnya berlayar dari Tanjung Pandan ke Jakarta.

Di tanggal 2 Mei 2024, kapal KM Lawit ini melanjutkan perjalanan menuju ke Pontianak, kalimantan Barat.

Untuk sampai ke Pontianak dari jakarta, kapal ini memerlukan waktu satu hari 20 jam.

Bahkan sebelum tiba di Pontianak, KM Lawit juga dijadwalkan akan singgah atau kembali ke Tanjung Pandan sebelum akhirnya tiba di pelabuhan tujuan, Pontianak.

Dan untuk jadwal balik dari Pontianak ke Jakarta, kapal KM Lawit dijadwalkan di tanggal 17 Mei 2024 atau dihari Jumat mendatang.

Untuk cuaca, berdasarkan Prakiraan BMKG, diperkirakan aman, walaupun terjadi hujan ringan disekitar perairan Bangka Belitung, namun tidak ada pergerakan angin yang signifikan, sehingga tinggi gelombang diperairan tersebut dinyatakan tenang.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://tanjungpinang.pikiran-rakyat.com/travel-wisata/pr-3688001648/jadwal-kapal-lawit-tujuan-jakarta-ke-pontianak-dan-pontianak-ke-jakarta-di-tanggal-3-mei-hingga-18-mei-2024

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 24 April 2024 / Published in Berita

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero mengimbau para pelaku UMKM untuk fokus menggenjot penjualan mereka demi meminimalisir dampak dari kenaikan biaya layanan lokapasar (marketplace).

Pernyataan itu disampaikan Edy merespons pertanyaan terkait pengumuman Tokopedia yang akan menaikkan biaya layanan mereka mulai dari 2 persen hingga 6,5 persen per 1 Mei 2024.

Edy mengakui bahwa keputusan tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi para pelaku UMKM karena kenaikan biaya layanan ini dapat berdampak pada keuntungan mereka.

Namun, alih-alih menaikkan harga produk mereka, pelaku UMKM diimbau untuk menggenjot volume penjualan apalagi Tokopedia yang kini sudah merger dengan Tiktok adalah pasar yang besar dan potensial bagi UMKM.

“Oke tidak apa-apa biaya layanannya naik 5 persen, tetapi bagaimana saya menggenjot penjualan saya, yang tadinya 1.000 buah, bisa tidak saya menjual jadi 2.000. Sehingga secara kualitas dan kuantitas akan menghasilkan keuntungan yang cukup,” ujarnya, dikutip dari Antara, Rabu 24 April.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://voi.id/ekonomi/375667/biaya-layanan-ecommerce-naik-umkm-diimbau-fokus-genjot-penjualan

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 24 April 2024 / Published in Berita

jpnn.com, SURABAYA – Bea Cukai memberikan layanan khusus melalui status mitra utama (Mita) sebagai bentuk apresiasi riwayat baik kepatuhan perusahaan terhadap aturan kepabeanan dan cukai.

Hal itu dilakukan Bea Cukai Tanjung Priok yang hingga kini telah melayani 436 importir dan eksportir berstatus Mita yang bergerak di berbagai bidang industri.

Pemberian status Mita oleh Bea Cukai telah dimulai sejak 2002 berjalan baik.

Penyempurnaan ketentuan Mita saat ini diatur pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 128 Tahun 2023.

Dengan status ini, perusahaan Mita berhak mendapatkan pelayanan khusus, berupa pengeluaran barang tanpa pemeriksaan fisik dan dokumen, penggunaan jaminan perusahaan (corporate guarantee), penggunaan pembayaran berkala, dan layanan lainnya yang ditetapakan berdasarkan manajemen risiko.

Selain mendapat kemudahan, perusahaan Mita juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi sesuai PMK Nomor 128 Tahun 2023.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.jpnn.com/news/bea-cukai-tanjung-priok-layani-ratusan-importir-dan-eksportir-berstatus-mitra-utama#google_vignette

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 24 April 2024 / Published in Berita

Jakarta, CNN Indonesia — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan perluasan kawasan konservasi laut hingga 30 persen di 2045 atau yang disebut Marine Protected Area (MPA) Vision 30×45.

Direktur Konservasi Laut dan Keanekaragaman Hayati KKP, Muh. Firdaus Agung mengatakan, salah satu faktor penting untuk mencapai target itu adalah dengan menyiapkan analisis komprehensif tentang biaya dan manfaat konservasi laut.

KKP sendiri telah memaparkan rancangan spasial dan strategis MPA Vision 30×45 dalam dialog Advancing Sustainable Ocean Governance: Integrating Blue Ocean Initiative for Conservation and Prosperity in Indonesia di Yunani pekan lalu.

Firdaus mengatakan target MPA Vision 30×45 memiliki risiko yang besar. Pasalnya laut Indonesia memberikan kontribusi yang besar dan signifikan bagi kehidupan masyarakat.

“Tentunya kami membutuhkan support dan kontribusi. Karena semakin luas wilayah, semakin besar juga risikonya. Dengan target yang ingin kita capai di 2045 itu artinya butuh tenaga dua kali lebih besar,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/4).

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240423201329-92-1089655/kkp-ingin-perluas-kawasan-konservasi-hingga-30-persen-di-2045

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 24 April 2024 / Published in Berita

SEMARANGJoglo Jateng – Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno, meminta agar pemerintah segera melakukan pembenahan di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Kemacetan sampai 6 kilometer di jalan tol menuju Merak perlu diantisipasi ke depan.

“Pembenahan Pelabuhan Merak harus segera dilakukan. Masih adanya petruk (pengatur truk, Red.), calo tiket harus dihilangkan baik di semua pelabuhan penyeberangan. Menyediakan lokasi parkir kendaraan sebagai pengendali sebelum memasuki Pelabuhan Penyeberangan Merak. Lokasi yang disiapkan sebagai area penyangga untuk sejumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Penyeberangan Merak,” ucapnya saat dikonfirmasi Joglo Jateng, Selasa (23/4/24).

Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat ini juga menyoroti penyelenggaraan mudik gratis yang juga masih perlu dibenahi. Pasalnya, angkutan mudik dan balik gratis mampu meminimalisasi risiko kepadatan lalu lintas.

“Faktor keselamatan juga lebih terjamin, ada pengecekan kondisi kendaraan sebelum keberangkatan, termasuk pengemudinya. Jika mereka tidak mudik dengan angkutan publik, dibayangkan saja satu bus itu ada berapa orang,” katanya.

Di balik segala keuntungannya, lanjut Djoko, program itu masih menyisakan masalah pengelolaan. Dari hasil penelusuran, ada sebagian pemudik yang mendaftar angkutan gratis itu lebih pada satu penyelenggaran.

“Namun, akhirnya hanya satu penyelenggara yang dipilih. Yang kasih bingkisan paling banyak nanti yang dipilih (pemudik, Red.), sedangkan nama mereka yang sudah terdaftar tidak dapat digantikan. Ini memunculkan risiko pembatalan keberangkatan angkutan gratis,” paparnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://joglojateng.com/2024/04/24/akademisi-minta-pembenahan-pelabuhan-merak-segera-dilakukan/

Salam,
Divisi Informasi

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat