×
Friday, 03 May 2024 / Published in Berita

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tahun ini Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menaikkan 46% anggaran subsidi angkutan barang perintis.

Menurut Direktur Angkutan Jalan, Suharto, dari sebelumnya Rp15 miliar tahun 2023 menjadi Rp22 miliar pada tahun ini.

“Ini menjadi langkah keseriusan pemerintah dalam mendukung ekonomi wilayah Terdepan, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan (3TP),” tutur Suharto.

Sesuai dengan Perpres No. 27/2021, langkah ini juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedalaman dan menjaga kelancaran distribusi barang. 

Program subsidi ini ujarnya, tidak hanya menjadi solusi untuk mengurangi angkutan barang berlebihan, tetapi juga memastikan harga barang tetap terjangkau di seluruh wilayah.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.beritatrans.com/artikel/246792/subsidi-angkutan-barang-perintis-naik-46-langkah-serius-pemerintah-dukung-ekonomi-di-wilayah-3tp/

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 03 May 2024 / Published in Berita

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Pelayaran internasional kembali dibuka mulai 30 April 2024 di Pelabuhan Kuala Tanjung.

Kegiatan pelayaran internasional rute Kuala Tanjung-Port Klang menjadi kegiatan internasional pertama di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal pada tahun 2024.

Kapal BG Solid 16 yang membawa muatan Unilever Olechemical melakukan kegiatan ekspor kontainer menuju ke Port Klang Malaysia.

Ini merupakan pengapalan ekspor perdana Unilever melalui kontainer karena sebelumnya melakukan pengapalan berbentuk curah.

Direktur Utama PT Prima Multi Terminal, Eko Hariyadi Budiyanto atau kerap disapa Ehay mengatakan bahwa ekspor Unilever menggunakan kontainer ini akan rutin dilakukan setiap minggu.

“Kami terus berupaya agar pelayaran internasional dapat terus melakukan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Kuala Tanjung. Kegiatan ini menjadi awal yang baik di tahun 2024 agar kapal rute internasional dapat terus beraktivitas di Kuala Tanjung,” ujar Ehay.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://medan.tribunnews.com/amp/2024/05/02/pelayaran-internasional-kembali-dibuka-di-pelabuhan-kuala-tanjung-unilever-perdana-ekspor-kontainer

Friday, 03 May 2024 / Published in Berita

Bisnis.com, JAKARTA – Meningkatnya pertumbuhan social commerce juga turut mendorong perusahaan logistik meluncurkan metode pembayaran ongkir lewat Cash on Delivery (COD) yang beragam.

Seiring dengan tren ini, Lion Parcel (PT Lion Express) perusahaan logistik bagian dari Lion Group, melihat adanya peluang yang dapat diambil dalam menggarap pasar COD. 

Chief Marketing Officer Lion Parcel, Kenny, meyakini di tengah meningkatnya tren belanja online di social commerce, metode pembayaran COD ongkir menjadi dibutuhkan para penjual. Dia juga menuturkan tren social commerce ini turut mendorong perkembangan metode COD ongkir.

Secara mekanisme, ketika belanja melalui social commerce, pelanggan akan membayar harga barang kepada penjual terlebih dahulu, kemudian biaya ongkos kirim akan dibayarkan pelanggan kepada jasa ekspedisi ketika menerima barang. 

Hal ini, kata dia, memberi kenyamanan bagi para seller karena barangnya sudah dibayar di awal dan aman juga bagi pelanggan karena memastikan terima barang dulu baru bayar ongkos kirim.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://ekonomi.bisnis.com/read/20240502/98/1762433/lion-parcel-sasar-pasar-ongkir-cod.

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 03 May 2024 / Published in Berita

Surabaya (ANTARA) – Asisten Deputi (Asdep) Bidang Jasa Logistik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Desty Arliani, menjelaskan langkah inisiatif integrasi untuk meningkatkan performa perusahaan, saat rapat koordinasi Integrasi Logistik Kawasan Industri PIER dan Teluk Lamong.

“Yakni integrasi layanan digital dan integrasi fisik sehingga tercipta integrasi korporasi. Integrasi layanan secara digital sudah dijalankan sejak diluncurkannya GLID (platform digital jasa logistik BUMN),” ucap Desty dalam keterangannya di Surabaya, Kamis.

Sehingga, lanjutnya, masing-masing BUMN yang memiliki jasa kargo bisa melakukan sinergi jasa layanan logistik dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

“Selanjutnya integrasi fisik, menjadi tantangan operasional bagi masing-masing BUMN,” katanya.

Sebab, kata Desty, proses pembangunannya membutuhkan waktu dan dengan infrastruktur yang sudah ada saat ini diperlukan kreasi untuk optimalisasi infrastruktur.

“Jika nantinya sudah terwujud integrasi fisik, pada akhirnya kita bisa mewujudkan integrasi korporasi,” tuturnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://jatim.antaranews.com/berita/784302/asdep-logistik-kementerian-bumn-jelaskan-inisiatif-integrasi-korporasi

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 02 May 2024 / Published in Berita

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Diharapkan, perbaikan tersebut dapat meningkatkan kecepatan logistik di wilayah tersebut.

“Kita harap dengan jalan ini, kecepatan logistik akan makin baik, jalan-jalan menuju ke kawasan-kawasan produktif, baik itu kawasan pertanian, kawasan perkebunan, semuanya bisa ditunjang oleh jalan yang baik,” ujar Presiden Jokowi melalui keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Kamis, 2 Mei 2024.

Pada tahun 2023, pemerintah telah membangun dan memperbaiki sebanyak lima ruas jalan di Nusa Tenggara Barat. Akses yang diperbaiki tersebar di empat kabupaten, yaitu Lombok Barat, Sumbawa Barat, Sumbawa, dan Bima.

Total jalan yang dibangun dan diperbaiki sepanjang 40,6 km. Anggaran yang dihabiskan mencapai Rp211 miliar.

“Uang yang tidak kecil, anggaran yang tidak kecil,” ungkap Presiden.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.metrotvnews.com/read/NnjC42LY-jokowi-berharap-perbaikan-jalan-perlancar-distribusi-logistik-di-ntb

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 02 May 2024 / Published in Berita

JAKARTA — Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) menggenjot investasi di sisi hilir komoditas kelautan dan perikanan. Selain peluangnya yang terbuka, Fortune Business Insight memperkirakan market size produk perikanan global menyentuh 605,46 miliar dolar AS pada 2029.

“Peluang hilirisasi perikanan begitu besar, artinya kalau tidak ikut terlibat bisa-bisa kita ketinggalan di 2029,” ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistiyo dalam keterangannya, Kamis (2/4/2024).

Budi memaparkan, dari sisi permintaan, produk bermutu, bergizi dan bernilai tambah menjadi kata kunci yang kini dicari pasar. Karenanya, produk berlabel traceability, eco friendly, sustainability, ready to eat, ready cook dan ready to serve semakin diminati konsumen. “Artinya apa, konsumen kita semakin cerdas karena menghendaki produk bermutu dan berkelanjutan,” ucap Budi.

Tak hanya itu, dari sisi piramida nilai tambah, Budi melihat komoditas perikanan bisa diolah menjadi berbagai berbagai varian produk. Mulai dari bahan baku yang bisa langsung dimasak, kemudian pengolahan pakan hewan ternak, produk kesehatan, kosmetik, hingga farmasi.

Budi menyampaikan KKP juga telah merespons permintaan pasar dengan penyediaan bahan baku secara kontinyu dan sesuai standar baik jenis, ukuran hingga mutu. Budi menyontohkan sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP), misalnya, menunjukkan bahwa industri pengolahan menerapkan praktik yang baik.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.republika.id/posts/52446/kkp-genjot-hilirisasi-perikanan

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 02 May 2024 / Published in Berita

TEMPO.COJakarta – Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, melaporkan penerimaan di sektor kepabeanan dan cukai per Maret 2024 telah mencapai 21,5 persen dari target, yakni sebesar Rp 69 triliun. Namun, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) juga mencatat penurunan 4,5 persen dibandingkan tahun lalu yang tercatat Rp 72,2 triliun.

Encep mengatakan, penurunan tersebut disebabkan oleh turunnya penerimaan bea masuk dan cukai. “Penerimaan bea masuk turun akibat penurunan rata-rata tarif efektif turun, karena pemanfaatan free trade agreement (FTA) dan penurunan bea masuk dari komoditas utama,” katanya dalam keterangan resmi pada Selasa, 30 April 2024. 

Sementara itu, penerimaan cukai turun karena penurunan produksi barang kena cukai, terutama hasil tembakau. Hal ini sejalan dengan kebijakan pengendalian konsumsi. 

Penerimaan bea masuk tercatat sebesar Rp 11,8 triliun atau tercapai 20,6 persen dari target. Namun, turun 3,8 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy). Kemudian, penerimaan cukai tercatat sebesar Rp 53 triliun atau tercapai 21,5 persen dari target. Namun, realisasi penerimaan cukai minus 6,9 persen yoy.

Di sisi lain, DJBC mencatat peningkatan bea keluar pada kuartal I ini. Angka penerimaan bea keluar sebesar Rp 4,2 triliun atau tercapai 23,7 persen dari target.

“Tercatat ada peningkatan di penerimaan bea keluar sebagai dampak positif dari kebijakan pemerintah, seperti relaksasi ekspor,” ujar Encep.  

Sumber dan berita selengkapnya:
https://bisnis.tempo.co/read/1862722/penerimaan-bea-cukai-turun-45-persen

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 02 May 2024 / Published in Berita

Bisnis.com, JAKARTA – Pembentukan badan khusus yang mengurus masalah logistik dinilai perlu segera dilakukan di Indonesia seiring dengan upaya pemerintah untuk menekan ongkos logistik dan meningkatkan efisiensi rantai pasok. 

Pelaku usaha berharap hal ini dapat terealisasi pada masa pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Akbar Djohan, menuturkan kehadiran lembaga independen yang mengatur logistik nasional sangat diperlukan.

Pasalnya, logistik merupakan bidang usaha yang melibatkan beragam pemangku kepentingan dan bersifat multisektor.

Akbar menuturkan, karakteristik sektor logistik yang multisektor ini akan turut mempengaruhi  kegiatan ekonomi di bidang lainnya. Dia pun berharap Presiden Terpilih Prabowo Subianto nantinya dapat merealisasikan pembentukan badan khusus tersebut. 

“Iya, harapannya nanti ada badan logistik nasional [pada pemerintahan Prabowo-Gibran]. Badan yang independen, permanen, dan didasarkan pada Undang-Undang, bukan Peraturan Presiden lagi,” kata Akbar seusai acara Bisnis Indonesia Shipping and Logistics Forum 2024 di Jakarta, dikutip Rabu (1/5/2024).

Sumber dan berita selengkapnya:
https://ekonomi.bisnis.com/read/20240501/98/1762011/alfi-harap-badan-logistik-nasional-terbentuk-di-era-prabowo-gibran

Salam,
Divisi Informasi

Tuesday, 30 April 2024 / Published in Berita

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Perusahaan logistik, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) mencatat adanya kenaikan volume pengiriman pada momen Ramadan dan Lebaran 2024 sebesar lebih dari 30% secara tahunan.

Media Communication Head Dept JNE, Kurnia Nugraha, memastikan sumbangsih transaksi di momen lebaran meningkat 20%-30% dari tahun sebelumnya.

“Kira-kira naik 20%-30% dibanding tahun 2022 (Persentase volume kiriman JNE pada momen Ramadan dan Idul Fitri),” kata Kurnia saat ditemui usai acara Halalbihalal JNE di Rampstar Kitchen, Jakarta, Senin (29/4).

Kurnia optimistis bahwa kinerja perusahaan pada kuartal 1-2024 ini tumbuh positif dibanding laporan terakhir. Setidaknya tumbuh 20%-30%, seiring dengan harapan targetnya yang terwujud pada momen libur lebaran kemarin.

Kendati begitu, Kurnia belum dapat membeberkan presentase angka pertumbuhan kinerja perusaan logistik itu.

“Untuk kinerja keuangan positif ya karena di Ramadan itu transaksi otomatis meningkat dampak positif untuk pengiriman pokonya,” ujarnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://industri.kontan.co.id/news/volume-pengiriman-jne-terdongkrak-momen-ramadan-dan-lebaran-2024

Salam,
Divisi Informasi

Tuesday, 30 April 2024 / Published in Berita

POS-KUPANG.COM – Simak jadwal tol laut KM Sabuk Nusantara 76 hingga 6 Mei 2024, yang besok akan berangkat dari Bobong.

Rute pertama yang akan dilalui KM Sabuk Nusantara 76 pada jadwal tol laut kali ini adalah Bobong-Lede.

Kapal Pelni KM Sabuk Nusantara 76 berangkat dari Bobong menuju Lede pada 30 April 2024 pukul 03.00.

Sementara untuk rute terakhir yang akan dilalui kapal perintis KM Sabuk Nusantara 76 adalah Luwuk-Gorontalo.

Setelah melewati sembilan rute KM Sabuk Nusantara 76 tiba di Gorontalo pada 6 Mei 2024 pukul 07.00.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://kupang.tribunnews.com/2024/04/29/jadwal-tol-laut-km-sabuk-nusantara-76-berangkat-dari-bobong-30-april-tiba-di-gorontalo-6-mei-2024

Salam,
Divisi Informasi

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat