Thursday, 24 June 2021 / Published in Berita

TRIBUNNEWS.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mendorong produktivitas perikanan budidaya air tawar di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat naik menjadi dua kali lipat dalam kurun waktu satu hingga dua tahun ke depan. Program pakan mandiri pun akan digalakkan untuk mendukung pembudidaya meningkatkan jumlah produksi.

Pasaman merupakan salah satu sentra perikanan budidaya air tawar di Sumatera Barat. Luas area budidayanya mencapai 4.467 hektare dengan volume produksi pada tahun 2020 sebesar 54,5 ribu ton.

“Volume produksi 54 ribu ton itu nilainya sama dengan Rp1 triliun kira-kira. Harapan saya dalam satu dua tahun ke depan itu mungkin bisa menjadi dua atau tiga kali (lipatnya). Ini menjadi tugas Kepala Dinas dan Pak Bupati dan kita akan dukung ya,” ujar Menteri Trenggono di Pasaman, Jumat (4/6/2021).

Menurutnya peningkatan produktivitas perlu didorong sebagai upaya terciptanya lapangan kerja baru dan naiknya kesejahteraan masyarakat. Sejauh ini, kurang lebih puluhan ribu orang yang menggantungkan hidup dari kegiatan budidaya di Pasaman.

“Jadi mata rantai industrinya ini, mata rantai ekonominya ini sangat luar biasa, misalnya pakannya, benihnya, budidayanya dan seterusnya,” tambah Menteri Trenggono.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2021/06/23/menteri-trenggono-dorong-produktivitas-budidaya-perikanan-pasaman-meningkat-dua-kali-lipat

Salam,
Divisi Informasi 

Thursday, 24 June 2021 / Published in Berita

Liputan6.com, Jakarta – Gojek dan Tokopedia resmi bergabung dan membentuk Grup GoTo. Pembentukan Grup GoTo ini disebut sebagai kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga sekarang.

GoTo disebut menyatukan kekuatan Gojek dan Tokopedia. Jadi, GoTo mengkombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi, hingga keuangan.

Umumnya, kebanyakan bisnis yang bergabung berasal dari bisnis serupa, tetapi tidak demikian dengan GoTo. Co-founder sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan penggabungan ini bersifat komplementer atau saling melengkapi. Kedua perusahaan bergerak di bidang jasa yang berbeda dengan ekosistemnya masing-masing.

“Kami saling melengkapi. Gojek punya mitra driver lebih dari 2 juta. Tokopedia punya mitra UMKM lebih dari 10 juta. Dengan bergabung, kita punya akses ke lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia yang menggunakan Gojek dan Tokopedia tiap bulannya,” beber William dalam siaran yang ditayangkan di kanal youtube Deddy Corbuzier, ditulis Rabu (23/6/2021).

Selain itu, William mengatakan GoTo Grup berpotensi menyumbang sekitar 2 persen terhadap ekonomi nasional. Gojek dan Tokopedia masing-masing berkontribusi 1 persen terhadap ekonomi nasional tiap tahunnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.liputan6.com/saham/read/4589345/goto-bakal-sumbang-2-persen-ekonomi-nasional

Salam,
Divisi Informasi 

Thursday, 24 June 2021 / Published in Berita

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Service) menyediakan jalur logistik berpendingin di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng untuk menangani kargo khusus seperti produk farmasi.

Corporate Communication PT JAS Ageng Wibowo mengatakan layanan tersebut untuk mengakomodir produk yang membutuhkan suhu terjaga selama masa pengiriman dari pesawat hingga masuk ke truk pendingin. Dengan demikian kualitas produk tersebut dapat terjaga.

Menurutnya, bandara saat ini sudah menjadi bagian penting dari logistik rantai dingin internasional untuk menangani barang-barang yang mudah rusak, seperti produk farmasi.

JAS Airport Services memberikan penanganan tambahan yang dibutuhkan untuk Penanganan Farmasi dan Vaksin, dengan menyediakan fasilitas khusus untuk menjaga suhu produk yang dikirim.

“Fasilitas berpendingin ini ditujukan untuk mendukung sistem logistik rantai dingin di Indonesia, terlebih lagi untuk penanganan kargo farmasi dan yang mudah rusak (perishable), seperti vaksin,” katanya melalui siaran pers, Rabu (23/6/2021).

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.google.co.id/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20210623/98/1408931/jas-sediakan-kargo-khusus-farmasi-di-soetta-ini-fasilitas-layanannya

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 24 June 2021 / Published in Berita

Tren kasus dan kematian harian Covid-19 global secara agregat menurun. Sampai dengan tanggal 20 Juni 2021, data menunjukkan bahwa program vaksinasi telah dilakukan di 180 negara dengan total dosis yang telah diberikan sebanyak 2,59 miliar dosis, dan 35,28 juta dosis vaksin telah diberikan di Indonesia. Akselerasi vaksinasi di negara-negara maju cenderung berhasil mengendalikan pandemi dan memperluas reopening. Sedangkan, kondisi di beberapa negara berkembang seperti Amerika Latin, Afrika Selatan, dan negara ASEAN masih eskalatif.

Pertemuan G7 minggu lalu, dari para leaders menyampaikan akan memberikan satu miliar vaksin-vaksin kepada negara-negara lain dan ini memberikan dampak positif, karena masih ada warga negara yang akses terhadap vaksinnya sangat terbatas. “Tentu dengan kenaikan jumlah vaksinasi ini akan memberikan harapan bagi pemulihan ekonomi global yang berkelanjutan,” ungkap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada jumpa pers virtual APBN KiTa Bulan Juni 2021 di Jakarta, Senin (21/6/2021).

Beberapa provinsi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, mengalami lonjakan kasus yang cukup besar pasca momen Idulfitri, bahkan telah ditemukan berbagai varian baru Covid-19 mulai dari varian Alpha hingga Delta. Oleh karena itu, kepatuhan pada pembatasan sosial, disiplin 3M, penguatan 3T serta akselerasi vaksinasi harus ditingkatkan. Melalui kebijakan pemberian izin vaksinasi bagi usia 18+ yang sudah diterapkan di beberapa wilayah seperti DKI Jakarta, diharapkan pelaksanaan vaksinasi dapat terus dipercepat.

Pemulihan ekonomi global terus berlanjut, ditunjukkan melalui penguatan berbagai indikator. World Bank dan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global di tengah sentimen positif vaksinasi dan pemulihan berbagai indikator ekonomi, masing-masing menjadi 5,8% (year on year/yoy) dan 5,6% (yoy) untuk tahun 2021, serta 4,4% (yoy) dan 4,3% (yoy) untuk tahun 2022.

Selain itu, perdagangan global dan manufaktur juga terus membaik, di mana Baltic Dry Index konsisten di level tinggi, begitu pula ekspansi PMI Manufaktur Global di Mei yang mencapai level tertinggi sejak 2010. Selanjutnya, harga minyak dan batu bara sebagai komoditas utama Indonesia mengalami peningkatan signifikan, sedangkan harga CPO menurun sejak Mei akibat penurunan permintaan dari India. Di pasar keuangan, volatilitas pasar keuangan global (VIX) index turun, sedangkan pasar saham negara maju dan berkembang terus meningkat. Meski demikian, beberapa faktor risiko perlu diwaspadai, antara lain munculnya gelombang dan varian Covid-19 yang lebih menular dan ganas, akses vaksinasi dan pemulihan ekonomi global yang tidak merata, serta kemungkinan normalisasi kebijakan moneter AS yang lebih cepat.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://swa.co.id/swa/trends/economic-issues/upaya-sri-mulyani-perkuat-ketahanan-ekonomi

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 23 June 2021 / Published in Berita

Jakarta – Kementerian Perindustrian terus berupaya meningkatkan daya saing industri nasional. Hal ini terlihat dari kinerja ekspor industri pengolahan yang terus menunjukkan tren positif di tengah pandemi COVID-19.

Agresivitas sektor manufaktur yang menembus pasar internasional pun turut mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan daya saing industri nasional agar bisa menghasilkan produk yang bernilai tambah tinggi dan kompetitif di mancanegara. Sudah banyak pelaku industri kita yang produknya menguasai kancah global,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulis, Selasa (22/6/2021).

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Januari-Mei 2021, nilai ekspor industri pengolahan mencapai US$ 66,70 miliar. Adapun angka ini naik 30,53% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar US$ 51,10 miliar.

Dari capaian US$ 66,70 miliar tersebut, industri pengolahan berkontribusi paling tinggi, yakni 79,42% dari total ekspor nasional yang berada di angka US$ 83,99 miliar.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://finance.detik.com/industri/d-5615405/ekspor-industri-pengolahan-naik-3053-ini-strategi-lanjutan-kemenperin

Salam,
Divisi Informasi 

Wednesday, 23 June 2021 / Published in Berita

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Jaya Trishindo Tbk (HELI) melihat peluang untuk menumbuhkan pendapatan dan kinerja bisnisnya. Emiten yang bergerak di jasa angkutan udara niaga dan penyewaan helikopter ini pun sedang merintis segmen bisnis cargo drone di tahun ini.

Direktur Utama HELI Edwin Widjaja menyampaikan, pihaknya akan mengembangkan bisnis cargo drone pada akhir tahun ini, sekitar bulan November atau Desember. Dalam bisnis ini, HELI melalui entitas anak PT Komala Indonesia bekerjasama dengan PT Iter Aero Industri selaku manufacture cargo drone.

Nantinya, PT Komala Indonesia yang akan mengoperasikan cargo drone tersebut. Meski saat ini belum terlalu besar, namun HELI melihat bisnis cargo drone akan prospektif dalam beberapa tahun ke depan. “Sangat prospektif, karena dapat menjadi alternatif untuk jasa forwarder,” ungkap Edwin kepada Kontan.co.id akhir pekan lalu.

HELI pun menganggarkan belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar Rp 10 miliar pada tahun ini. Sebagian besar digunakan untuk membeli armada cargo drone sebanyak 5 unit beserta peralatan penunjangnya.

Agar segmen bisnis cargo drone ini memberikan kontribusi pendapatan yang optimal, HELI pun akan agresif untuk menambah armadanya. Pada tahun depan, HELI berencana menambah armada cargo drone hingga 20 unit.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://newssetup.kontan.co.id/news/jaya-trishindo-heli-merintis-segmen-bisnis-cargo-drone-di-tahun-ini

Salam,
Divisi Informasi 

Wednesday, 23 June 2021 / Published in Berita

TARAKAN – Upaya mendorong produksi perikanan seperti udang dan ikan dari petani tambak di Tarakan terus dilakukan Dinas Perikanan Tarakan. petani tambak didorong tidak lagi menggunakan cara tradisional dalam kegiatan budi daya yang dilakukan selama ini.

Kepala Bidang Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perikanan Tarakan, Asmuni mengatakan, ada banyak metode modern yang bisa digunakan petani tambak, salah satunya dengan memanfaatkan bakteri Lactobasillus sp.

Dengan memanfaatkan bakteri baik tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan udang, petani tambak bisa memberikan probiotik Lactobasillus sp, pada pakan pertama. 

“Pola pakan dengan Lactobasillus sp tidak mengubah pola yang sudah biasa dilakukan para petambak, tetapi lebih memodernisasi dengan menjaga pakan alami. Lactobasillus sp ini merupakan bakteri baik yang biasanya sering ditemukan dalam usus, namun dilakukan bakteri ini bisa menjadi probiotik dan bisa dicampur di pakan,” tuturnya, Selasa (22/6).

Adapun untuk mengajak petani tambak untuk menerapkan hal tersebut harus ada yang menjadi percontohan terlebih dahulu, karena dirinya menilai petambak baru mau menerapkan hal tersebut, bila sudah ada petambak yang berhasil

Sumber dan bertita selengkapnya:
https://www.google.co.id/amp/s/amp.kaltara.prokal.co/read/news/37712-dorong-penggunaan-metode-modern-tingkatkan-produksi-perikanan.html

Salam,
Divisi Informasi.

Wednesday, 23 June 2021 / Published in Berita

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kotabaru Sugiannor mulai membenahi pos jaga di terminal Km 6 Stagen, Desa Stagen, Kecamatan Pulaulaut Utara Kotabaru. 

Selain pembenahan pos jaga, petugas Dishub juga memasang rambu larangan mobil angkutan masuk dalam kota sebelum pukul 17.00 Wita. 

Menurut Sugiannor larangan angkutan, sebenarnya bukan program baru. Sejak tahun 2016 aturan sudah diberlakukan atau sebelum jabatannya sebagai kadishub dinonjobkan. 

“Tidak tahu mengapa pengganti saya membebaskan. Padahal dasar aturan tidak dicabut. Karena arahan bupati jelas ketertiban,” jelas Sugiannor kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (22/6/2021).

Terlebih adanya surat yang dilayangkan masyarakat dan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) mendesak dilalukan penertiban, lantaran kecarutmarutan mobil angkutan yang melintas maupun aktivitas bongkar.

 

Sumber dan bertita selengkapnya:
https://www.google.co.id/amp/s/banjarmasin.tribunnews.com/amp/2021/06/22/dishub-kotabaru-larang-truk-angkutanmasuk-kota-sebelum-pukul-1700-wita

Salam,
Divisi Informasi.

Wednesday, 23 June 2021 / Published in Berita

Jakarta – Untuk optimalisasi konektivitas tol laut dan mendorong swasembada daging sapi Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menghadirkan kapal ternak di Pelabuhan Calabai, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Kapal ternak ini sejalan dengan diberlakukannya Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang dari dan ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan.

Nantinya kapal ternak ini bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Dompu dan sekitarnya. Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Calabai, Hani Mamengko mengatakan kapal ternak ini memiliki banyak keunggulan dan manfaat, terutama dari segi biaya atau ongkos yang murah karena ada subsidi dari pemerintah.

Selain itu kualitas daging yang berasal di wilayah tersebut bisa meningkat dan lebih baik lagi. “Untuk Meminimalisir Biaya pengiriman Hewan ternak ke depan akan bekerjasama dengan perusahaan yang dapat mengirim daging sapi beku melalui kontainer,” kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (22/6/2021).

Hani menyampaikan atas nama Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dompu telah mencanangkan dan mensukseskan peresmian tol laut khusus pengangkutan ternak di pelabuhan Calabai.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5616145/ada-tol-laut-kapal-ternak-mulai-wira-wiri-ke-ntb

Salam,
Divisi Informasi 

Wednesday, 23 June 2021 / Published in Berita


TRIBUNNEWS.COM
, JAKARTA – Perusahaan jasa kiriman ekspres dan logistik JNE menyebut Pulau Jawa masih mendominasi kiriman barang paket lewat jasa kiriman ekspres di Indonesia.

“Dari 100 persen barang (kiriman) yang beredar di Indonesia, 60 persen di Pulau Jawa,” kata VP of Marketing JNE Eri Palgunadi saat webinar, Selasa (22/6/2021).

Eri mengatakan, jika pemerintah melakukan perbaikan infrastruktur di setiap daerah, khususnya di Pulau Jawa, hal itu akan membantu menekan biaya logistik lebih murah lagi dari saat ini.

“Sekarang biaya logistik itu 20 persen sampai 25 persen. Kalau ada perbaikan jadi lebih efisien,” paparnya.

Menurutnya, kelayakan infrastruktur di luar Pulau Jawa juga sangat penting, agar ketika ada pengiriman produk seperti Pempek dari Palembang ke Jakarta, tidak perlu lagi memakan waktu dua hari atau tiga hari.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/06/22/jne-sebut-60-persen-peredaran-barang-ada-di-pulau-jawa

Salam,
Divisi Informasi 

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat