×
Monday, 23 May 2022 / Published in Berita
JAKARTA, DDTCNews – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pemerintah memiliki banyak instrumen yang bisa digunakan dalam mendorong ekspor.

Sri Mulyani mengatakan ekspor memiliki peranan penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, kinerja ekspor perlu terus ditingkatkan demi menjaga momentum pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Kementerian Keuangan punya banyak sekali instrumen, pajak, bea cukai. Semuanya merupakan instrumen kita [untuk meningkatkan ekspor],” katanya, Minggu (22/5/2022).

Sri Mulyani menuturkan ekspor menjadi penopang pertumbuhan ekonomi selama pandemi Covid-19. Hal itu tercermin dari surplus neraca perdagangan selama 24 bulan berturut-turut. Surplus bahkan mencapai tertinggi sepanjang sejarah pada April 2022, yaitu senilai US$7,3 miliar.

Menurutnya, pemerintah menyediakan berbagai instrumen yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk mendukung ekspor, baik dari sisi pajak maupun kepabeanan dan cukai. Misal, fasilitas kawasan berikat dan kemudahan impor untuk tujuan ekspor (KITE).
 
Sumber dan berita selengkapnya:
 
Salam,
Divisi Informasi 
Monday, 23 May 2022 / Published in Berita
Jakarta, Beritasatu.com – Sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, industri halal diyakini bisa menjadi kekuatan ekonomi baru di Indonesia. Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid. Kadin meyakini bahwa ekonomi halal berpotensi menjadi kekuatan ekonomi baru di Indonesia.

Guna mewujudkan hal tersebut, menurut Arsjad kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan swasta menjadi kunci penting untuk memperkuat seluruh rantai nilai industri halal di Indonesia, sehingga ke depannya bisa masuk dalam rantai nilai global.

“Kadin berkomitmen untuk memfasilitasi transformasi pelaku industri halal, termasuk UMKM untuk mengakselerasi menuju ekosistem digital, memperluas akses ke pasar global, mendorong investasi dalam pembangunan kapabilitas sumber daya manusia, serta meningkatkan produktivitas melalui penerapan digital teknologi seperti internet of things, big data, artificial intelligence, cloud computing, dan additive manufacturing,” kata Arsjad Rasjid dalam acara Road to Jakarta Muslim Fashion Week 2023, Minggu (22/5/2022).
 
Arsjad menyampaikan, kolaborasi antara pemerintah dan swasta salah satunya diwujudkan melalui gelaran Jakarta Muslim Fashion Week. Acara ini digagas oleh Kementerian Perdagangan dan Kadin Indonesia bersinergi dengan PT Mustika Ratu serta asosiasi fesyen dan kosmetik.

“Momentum ini merupakan bentuk kolaborasi nyata yang inklusif dan lintas sektor dalam upaya memajukan industri fesyen dan kosmetik halal di Indonesia,” kata Arsjad.
 
Sumber dan berita selengkapnya:
 
Salam,
Divisi Informasi 
Monday, 23 May 2022 / Published in Berita

kaltengtoday.com, – Kuala Pembuang – Sektor perikanan di Kabupaten Seruyan memiliki potensi cukup besar dan menjadi sektor andalan bagi daerah setempat.

Untuk lebih memaksimalkan potensi tersebut, maka diperlukan adanya tatakelola yang baik, sehingga sektor ini mampu dimaksimalkan guna mendukung kesejahteraan bagi nelayan dan pembudidaya.

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Rianto, mengatakan perlu adanya dukungan dan peran maksimal dari pemerintah daerah dalam pembangunan sektor perikanan.

Peran dan dukungan tersebut dilakukan salah satunya agar tata kelola sektor perikanan yang saat ini sudah berjalan dengan baik, diharapkan semakin di tingkatkan lagi.

Penataan yang harus dilakukan menurutnya, salah satunya terkait kapal kapal nelayan yang selama ini di gunakan nelayan untuk melaut masih tergolong kecil dan sangat tradisional.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://kaltengtoday.com/maksimalkan-peran-pemerintah-bangun-sektor-perikanan-di-seruyan/

Salam,
Divisi Informasi

Monday, 23 May 2022 / Published in Berita
Surabaya, Bhirawa Berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surabaya, Shipper, perusahaan teknologi super enabler yang menyediakan solusi logistik dan gudang digital pintar terintegrasi memberikan program digitalisasi logistik dan pergudangan, pelatihan pengembangan UKM, serta bantuan modal pemasaran untuk mempercepat bangkitnya kembali UKM Surabaya melalui acara Surabaya Business Forum (SBF) yang digelar di Balai Pemuda Surabaya, 21-22 Mei 2022.

“Surabaya sangat dikenal sebagai Kota Dagang dengan beragamnya skala bisnis dan industri. Dengan semangat Shipper untuk memajukan UKM melalui integrasi sistem logistik nusantara termasuk di Surabaya, kami juga memberikan pelatihan pengembangan bisnis dan bantuan modal pemasaran untuk memudahkan UKM di Surabaya bangkit pasca pandemi dan memperluas pasar ekspor hingga pada akhirnya mempercepat pulihnya ekonomi lokal,” terang Co-Founder dan COO Shipper, Budi Handoko dalam sesi wawancara eksklusif pada HIPMI Talk di SBF, Sabtu (22/5).

Sesuai dengan tema SBF 2022 yang mengangkat Lokal Berdaya: Empowering Local Ecosystem to Create Global Entrepreneur, Shipper sudah membantu usaha retail melalui pengiriman barang untuk beberapa industri e-commerce dan agrikultur yang ada di Surabaya melalui gudangnya yang berlokasi di Margomulyo, Surabaya. Gudang ini juga menjadi salah satu dari enam gudang Shipper yang menerapkan standar halal untuk memfasilitasi pelaku industri yang memiliki produk untuk disimpan dan didistribusikan sesuai dengan standar halal.

Teknologi logistik dan pergudangan Shipper juga memfasilitasi proses pengiriman secara menyeluruh (end-to-end) agar UKM lokal berkesempatan memperluas pasarnya ke global. Perekonomian Jawa Timur (Jatim) secara keseluruhan ditunjang kegiatan UKM. Hal ini terbukti dengan kontribusi UKM yang mencapai 57,25 persen hingga triwulan I tahun 2021 terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim.
 
Sumber dan berita selengkapnya:
 
Salam,
Divisi Informasi 
Monday, 23 May 2022 / Published in Berita
Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan pembangunan 36 Kawasan Industri dengan prioritas pengembangan di luar Pulau Jawa hingga 2035. 
 
Pembangunan sejumlah kawasan industri ini bertujuan meningkatkan peran wilayah luar Jawa dalam menciptakan nilai tambah sektor industri pengolahan non-migas sebesar 40 persen dari total nilai tambah sektor industri pengolahan non-migas nasional.
 
Terkait dengan hal itu, pemerintah menyediakan lahan sekitar 50.000 hektare serta melakukan pembangunan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) baru, minimal 1 Sentra IKM di setiap kabupaten/kota. 
 
Salah satu daerah pengembangan, Provinsi Sulawesi Tenggara yang merupakan 1 dari 22 Wilayah Pusat Pertumbuhan Industri (WPPI), memiliki Kawasan Peruntukan Industri (KPI) seluas 4.244,68 Hektare. 
 
“Dengan empat Kawasan Industri, termasuk di antaranya adalah Kawasan Industri Nusantara Industri Sejati KI NIS,” kata Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi dalam keterangan pers, seperti dikutip Minggu (22/5/2022). 

Sumber dan berita selengkapnya:
 
Salam,
Divisi Informasi 
Monday, 23 May 2022 / Published in Berita

TEMPO.COJakarta -Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menilai kebijakan soal pentarifan tol lebih dibutuhkan dan berimbas kepada pelaku usaha dibandingkan dengan penerapan sistem transaksi nontunai berbasis Multi Lane Free Flow atau MLFF.

Wakil Ketua Bidang Angkutan Distribusi dan Logistik DPD Aptrindo Jateng-DIY Agus Pratiknyo menilai dampak MLFF kepada pelaku usaha angkutan darat tidak signifikan. Kendati demikian, dia juga mengapresiasi penggunaan teknologi yang semakin canggih di jalan tol.

 
Dia menjelaskan bahwa penerapan MLFF bertujuan untuk meminimalkan waktu transaksi di gerbang tol. Namun, tentunya bagi kendaraan angkutan barang tidak ada dampak signifikan apabila hanya menyangkut masalah waktu transaksi pembayaran.

“Jadi, harapan pelaku usaha angkutan barang yang utama adalah masalah tarif tol yang saat ini dirasakan semakin mahal, karena hampir setiap saat dirasakan adanya kenaikan,” ujarnya, Minggu, 22 Mei 2022.

Adapun, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa pemerintah akan segera menerapkan sistem transaksi nontunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk menggantikan kartu tol atau e-toll card.

Sumber dan berita selengkapnya:

https://www.msn.com/id-id/ekonomi/bisnis/aptrindo-kebijakan-soal-tarif-tol-lebih-utama-dibanding-penerapan-mlff/ar-AAXAYir?li=AAfuAgL

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 20 May 2022 / Published in Berita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memastikan akan terus mendukung upaya pemangkasan biaya logistik di Indonesia. Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan peran Pelindo dalam memangkas biaya logistik melalui upaya dalam memperpendek waktu port stay

 

“Bagaimana cara Pelindo memperbaiki biaya logistik adalah bagaimana mengupayakan sependek mungkin kapal di Pelabuhan atau port stay. Itu cara untuk mengurangi biaya logistik,” kata Arif saat ditemui di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (19/5/2022). 

Setelah Pelindo merger, Arif menuturkan banyak transformasi yang dilakukan di pelabuhan. Khususnya dalam mengupayakan efisiensi waktu kapal saat berada di Pelabuhan tersebut. 

“Jadi Pelindo kembali ke jati dirinya. Pelindo ini merupakan perusahaan jasa dan pelayanan di pelabuhan,” ujar Arif. 

Arif menjelaskan, pelabuhan memiliki peran dalam upaya mengefisiensikan biaya logistik nasional dalam aspek transportasi kapal dan inventory carrying cost. Arif mengatakan dari 23 persen biaya logistik di Indonesia, kontribusinya 8,9 persen dari inventori, 8,5 persen dari darat, 2,8 persen dari laut, 2,7 persen dari admin, dan 0,8 persen dari kontribusi lain. 

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.republika.co.id/berita/rc4gvd349/pangkas-biaya-logistik-pelindo-perpendek-port-stay

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 20 May 2022 / Published in Berita

jpnn.com, JAKARTA – Bea Cukai menerima kunjungan kerja dari berbagai pihak di sepanjang Mei 2022.

Langkah itu mereka lakukan dalam rangka menjalin sinergi dan kolaborasi di berbagai lini.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan pihaknya menyambut seluruh instansi, baik pemerintah, swasta, maupun kelompok masyarakat untuk berkunjung ke kantor-kantor pelayanan Bea Cukai,

“Kami menyambut kunjungan berbagai pihak, khususnya yang ingin memahami aturan kepabeanan dan cukai, berkonsultasi perihal prosedur ekspor dan impor,” kata Hatta.

Bea Cukai Tanjung Perak menerima kunjungan para peserta pelatihan kegiatan ekspor dan impor yang tergabung dalam Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Jawa Timur.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.jpnn.com/news/begini-cara-bea-cukai-perkuat-sinergi-dengan-instansi-lain

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 20 May 2022 / Published in Berita
REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI — Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, Jawa Timur, mengembangkan kawasan industri dengan harapan bisa lebih banyak menggaet investasi masuk, sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19. Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengemukakan, Pemkot Kediri terus berupaya agar para investor memilih Kota Kediri sebagai lokasi tujuan dengan mempermudah perizinan hingga penyiapan berbagai sarana dan prasarana.

“Saya berkesempatan melihat kawasan peruntukkan industri di Kota Kediri. Ada salah satu perusahaan pemintalan benang yang berinvestasi di sini. Lokasi peruntukan industri ini memang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Kediri,” katanya di Kediri, Kamis (19/5/2022).

Wali Kota mengunjungi kawasan peruntukan industri yang ada di Kota Kediri, tepatnya di Kelurahan Betet dan Kelurahan Blabak. Di lokasi tersebut akan beroperasi industri pemintalan benang.

Pabrik tersebut merupakan perluasan dan nantinya akan relokasi dari pabrik yang ada di Surabaya. Kota Kediri dipilih sebagai salah satu lokasi kota tujuan untuk industri ini, di antaranya karena upah minimum kota (UMK) di Kota Kediri relatif kompetitif yakni Rp2.118.116,63.

Sumber dan berita selengkapnya:
 
Salam,
Divisi Informasi 
Friday, 20 May 2022 / Published in Berita
batampos – Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah menggesa pembangunan pelabuhan kontainer Batuampar. Adapun pembangunan yang dilakukan itu berupa pembangunan Container Yard 2 Ha, container crane hingga proses dredging atau pengerukan minus 12 mLWS.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan, Dendi Gustinandar, mengatakan, pembangunan container yard seluas 2 Ha telah selesai dilakukan. Sehingga kontainer sudah bisa diletakkan di area tersebut.
 
Kemudian, rel juga sudah terpasang. Dimana, container crane ini sudah dipesan dan sudah dilakukan proses pembuatannya di Korea Selatan.

”Saat ini sudah dilakukan, insyaallah akhir tahun ini sudah dikirim ke sini. Sesuai dengan kontrak kalau tidak salah sekitar Rp 123 miliar. Cek saja LPSE, itu lelangnya tahun lalu,” katanya.

Dendi mengungkapkan bahwa container crane ini merupakan yang pertama di Batam. ”Ini pertama, kalau yang lainnya mobile crane semua,” jelasnya.
 
Sumber dan berita selengkapnya:
 
Salam,
Divisi Informasi

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat