×
Friday, 01 March 2024 / Published in Berita

Makassar (ANTARA) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) mengoptimalkan pemanfaatan rantai dingin atau “cold chain” guna meningkatkan produk perikanan tangkap di Sulawesi Selatan.

“Hal ini dimaksudkan untuk membatu meningkatkan produksi perikanan tangkap di Sulsel,” kata Kepala Perwakilan BI Sulsel Rizki Ernadi Wimanda di Makassar, Kamis.

Rantai dingin atau cold chain merupakan sistem rantai pasok (supply chain) yang sangat memperhatikan tingkatan suhu pada setiap prosesnya. Tujuan dari rantai dingin ini adalah menjaga produk supaya tetap bersuhu dingin atau beku.

Dia mengatakan optimalisasi “cold chain” itu berdasarkan riset mengenai isu-isu strategis di bidang ekonomi dengan tujuan untuk memberikan rekomendasi dan dukungan formulasi kebijakan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan di daerah yang berbasis pada kajian akademis (Research Based Policy).

Salah satu riset yakni optimalisasi pemanfaatan “cold chain” untuk meningkatkan produk perikanan tangkap di Sulsel. Riset tersebut merupakan hasil kerja sama (joint research) antara BI Sulsel dengan Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB IPB).

Sumber dan berita selengkapnya:
https://makassar.antaranews.com/berita/529152/bi-optimalkan-cold-chain-mendorong-produksi-perikanan-tangkap-sulsel

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 01 March 2024 / Published in Berita

Bea Cukai kembali menggagas beberapa program untuk mendorong UMKM naik kelas. Bea Cukai Tanjung Balai Karimun menyelenggarakan forum pemberdayaan UMKM Kabupaten Karimun, sementara itu Bea Cukai Jember menyosialisasikan prosedur ekspor bagi pegiat UMKM di Kabupaten Bondowoso.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, Encep Dudi Ginanjar menyatakan UMKM berperan cukup signifikan dalam mendorong perekonomian Indonesia, sehingga perlu ditingkatkan kualitasnya.

“Meskipun demikian masih banyak UMKM yang belum memiliki akses untuk bersaing di pasar internasional oleh karena itu, Bea Cukai bersama instansi pemerintahan lainnya bekerja sama mengedukasi mereka,” ujarnya, Kamis (29/2/2024).

Paguyuban UMKM di Kabupaten Karimun nantinya akan menargetkan beberapa masalah yang masih dihadapi para pelaku UMKM di sana seperti cara berbisnis secara daring, pemahaman teknologi untuk menunjang kegiatan bisnis, legalitas usaha yang dimulai dari pengenalan NPWP dan hak kekayaan intelektual, dan kredit usaha rakyat. Selain itu, Bea Cukai dan instansi pemerintahan lainnya juga akan terus mensinergikan perizinan dan legalitas untuk mempermudah para pelaku UMKM terkait urusan administratif.

Melalui deklarasi pembentukan Forum Pemberdayaan (Paguyuban UMKM) Kabupaten Karimun diharapkan dapat mewujudkan UMKM Kabupaten Karimun yang memiliki daya saing global dan paham terhadap regulasi dan perkembangan zaman.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.inilah.com/bea-cukai-siap-lejitkan-umkm-ke-pasar-internasional-lewat-edukasi-ekspor

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 01 March 2024 / Published in Berita

Palembang (ANTARA) – Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bayung Lencir – Tempino Seksi 3 dari Kementerian PUPR dengan skema kerja sama operasi(K SO) PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya (Persero) senilai Rp 2,76 Triliun ditargetkan selesai pada bulan Juni 2024.

“Proyek yang memiliki panjang jalan utama 15,4 km dan jalan akses sepanjang 1,8 km, telah dimulai pembangunannya pada bulan Mei 2023 dan ditargetkan selesai di bulan Juni 2024 mendatang dengan progres saat ini mencapai 54,28 persen,” kata Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam rilisnya di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

Ia menambahkan kehadiran jalan tol pertama di Jambi ini akan meningkatkan sektor perekonomian serta mempermudah akses dan konektivitas antar provinsi.

Selain menjadikan waktu tempuh perjalanan menjadi lebih efisien dan mengurangi kemacetan di jalur jalan nasional dari Palembang menuju Jambi, jalan tol ini juga nantinya dapat berpengaruh pada penurunan biaya transportasi, membuka peluang baru dalam perdagangan, investasi serta mendorong peningkatan arus barang dan jasa.

Proyek garapan KSO HK-Wika-BAP ini melibatkan serangkaian pekerjaan diantaranya rigid pavement main road, struktur main road elevated menggunakan slab on pile, struktur jembatan overpass, jembatan underpass, jembatan underpass di simpang susun (interchange) serta akses jalan tol.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.antaranews.com/berita/3988293/tol-bayung-lencir-tempino-seksi-3-jambi-ditargetkan-selesai-juni-2024

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 01 March 2024 / Published in Berita

Jakarta, CNBC Indonesia – Ketidakpastian global mengalami eskalasi dalam satu dasawarsa ini. Puncaknya adalah pandemi Covid 19 yang melanda sejak tahun 2020 yang dilanjutkan dengan konflik Rusia dan Ukraina pada awal tahun 2022. Dengan kondisi tersebut, logistik yang baik merupakan salah satu elemen kunci dalam mengatasi tantangan dan menjaga keberlanjutan negara. Setiap negara perlu memastikan pasokan dan distribusi barang/jasa serta alur perdagangan internasional.

Dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2024 di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (29/2/2024) sesi Transportation Sector, Rachmat Kaimuddin selaku Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi menyebut Logistik Performance Index (LPI).

“Terus terang LPI itu suatu indeks yg dibuat, relatif periodik, mungkin yang harus kita tidak consideration, bahwa pada saat ini kita baru saja selesai dari Covid, jadi harusnya infrastruktur kita lebih mumpuni,” ujar Rachmat dalam sesi Transportation Sector.

“Jadi ada banyak faktor, tapi kalau menurut saya kita jangan hanya melihat satu titik. Kalau infrastruktur terbangun, penggunanya bertambah kita harus mawas diri, review lagi. Satu titik data itu jangan bikin pesimistis,” tambah Rachmat.

Kinerja logistik suatu negara pada umumnya diukur melalui Indeks Kinerja Logistik (Logistic Performance Indeks/LPI). LPI merupakan sebuah instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi efisiensi dan keberlanjutan sistem logistik suatu negara atau wilayah. Metode tersebut dipublikasikan oleh World Bank. Dalam penyusunannya, banyak terlibat di dalamnya adalah perusahaan dan ahli logistik guna mengukur aspek-aspek penting logistik seperti infrastruktur transportasi, layanan logistik, peraturan, dan efisiensi proses bisnis. Penilaian memiliki skala 1 sampai dengan 5.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.cnbcindonesia.com/research/20240229184733-128-518721/indeks-logistik-ri-2023-turun-jadi-pr-baru-pemerintah

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 29 February 2024 / Published in Berita

Makassar (ANTARA) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero menyatakan keberadaan Makassar New Port (MNP) dapat memperlancar distribusi logistik untuk Kawasan Timur Indonesa (KTI) sehingga biaya ekonomi dapat dipermurah.

“Sejak mulai beroperasi pada 2019, pelabuhan yang baru-baru diresmikan Presiden Joko Widodo ini telah memainkan peran kunci dalam kelancaran arus logistik dan mengurangi biaya logistik di wilayah KTI,” kata Region Head 4 PT Pelindo Enriany Muis di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan bahwa MNP sebagai hub terbesar di KTI ini adalah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki panjang total 1.280 meter dan dibangun Pelindo di atas lahan seluas 52 hektare guna menopang pertumbuhan perekonomian di wilayah timur Indonesia.

Menurut dia, kehadiran pelabuhan baru di Makassar ini mampu menampung sebanyak total 2,5 juta TEUs (twenty-foot equivalent unit) peti kemas untuk di dermaga tahap 1A, B, dan C sehingga menjadi stimulus bagi perusahaan pelayaran.

Selain itu, dengan kedalaman yang dimiliki yakni 16 meter LWS (Low Water Springs), dermaga MNP sudah bisa menjadi tempat bersandar kapal dengan bobot besar atau post panamax yang biasa digunakan untuk direct call atau pelayaran langsung ke luar negeri.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.antaranews.com/berita/3987786/makassar-new-port-perlancar-distribusi-logistik-ke-timur-indonesia

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 29 February 2024 / Published in Berita

KONTAN.CO.ID – IPC Terminal Petikemas/IPC TPK anak usaha Pelindo Terminal Petikemas terus melakukan inovasi dalam memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa. IPC TPK area Teluk Bayur bekerjasama dengan 5 perusahaan pelayaran dan Pelindo Regional 2 Teluk Bayur menandatangani komitmen bersama dalam rangka mewujudkan kelancaran pelayanan bongkar muat di IPC TPK Area Teluk Bayur.

“Kami mendorong keterlibatan stakeholder pelabuhan dalam mewujudkan kelancaran aktivitas bongkar muat melalui penandatangani komitmen bersama dengan Pelindo Regional 2 Teluk Bayur dan 5 Perusahaan Pelayaran perihal Service Level Guarantee (SLG), Service Level Agreement (SLA) dan Berthing Contract.” ujar Guna Mulyana.

Perjanjian kerja sama yang dimaksud meliputi penyediaan jaminan ketersediaan fasilitas terminal serta kinerja sesuai dengan alokasi waktu penyandaran yang disepakati. Penandatanganan ini dilakukan oleh General Manager Pelindo Regional 2 Teluk Bayur, Manager Area PT IPC TPK Area Teluk Bayur serta 5 perusahaan pelayaran diantaranya Meratus Line, Salam Pacific Indonesia Lines, Temas Shipping, Tanto Intim Line dan Pelayaran Pelangi Tunggal Ika. Penandatanganan ini disaksikan oleh Perwakilan DPC INSA Padang dan Direktur Utama PT IPC TPK.

Pelabuhan Teluk Bayur merupakan salah satu pelabuhan strategis di Indonesia dan salah satu pintu gerbang kegiatan ekonomi di Kota Padang, Sumatera Barat. Disamping itu, Pelabuhan Teluk Bayur juga merupakan tulang punggung perekonomian Sumatera Barat melalui akses laut.

Dengan demikian, Pelabuhan Teluk Bayur memiliki posisi strategis dalam mendukung ekonomi nasional melalui kelancaran arus barang yang terhubung dengan ekosistem logistik. Sumatera Barat memiliki komoditas unggulan hasil bumi seperti gambir, pinang dan kayu manis.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://pressrelease.kontan.co.id/news/ipc-tpk-tingkatkan-pelayanan-melalui-penandatanganan-komitmen-bersama-stakeholder

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 29 February 2024 / Published in Berita

Jakarta – Kepala BP Batam Muhammad Rudi menegaskan pentingnya peran sektor ekspor dan impor dalam memajukan perekonomian di Kota Batam dan nasional.

Ia berharap para pelaku usaha di KPBPB Batam dapat turut serta berkontribusi dalamE upaya tersebut. Lebih lanjut, Rudi menyampaikan harapannya agar realisasi dari aturan tersebut dapat segera dieksekusi dan dilimpahkan kepada para pelaku usaha.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyederhanakan proses perijinan dan memberikan kepastian berusaha bagi para pelaku usaha,” ungkap Rudi, dalam keterangan tertulis, Rabu (28/2/2024).

Hal tersebut disampaikan saat Rudi membuka acara sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 23 dan 36 Tahun 2023 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Ekspor Impor di KPBPB Batam, Selasa (27/2). Sosialisasi yang berlangsung di Hotel Aston Batam itu dihadiri lebih dari 300 pelaku usaha di bidang ekspor dan impor.

Rudi menambahkan percepatan dalam proses pengurusan izin ekspor-impor diharapkan dapat memudahkan para pelaku usaha untuk berusaha di kota Batam, terutama karena Batam merupakan zona perdagangan bebas yang strategis.

“Pelaksanaan aturan ini harus dilakukan dengan disiplin, dan jika terdapat kendala, maka kita harus segera dudukan bersama permasalahan tersebut untuk mencari solusi yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,” ujar orang nomor satu di Kota Batam tersebut.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7215764/kepala-bp-batam-buka-sosialisasi-peraturan-ekspor-dan-impor-di-kpbpb-batam

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 29 February 2024 / Published in Berita

RM.id  Rakyat Merdeka – Sekjen Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Edy Misero menilai, program Garansi Bebas Pengembalian oleh Shopee Indonesia memungkinkan pembeli untuk mengembalikan produk dengan lebih mudah. Namun, hal ini tentunya juga menuntut penjual untuk lebih selektif dalam menyiapkan produknya.

“Ini karena jika produk yang dikirim tidak sesuai, penjual yang akan mengalami kerugian karena bisa jadi harus menanggung ongkos kirim,” kata Edy di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Edy menekankan, pentingnya informasi yang jelas dari penjual kepada pembeli, terutama dalam hal visualisasi dan spesifikasi produk. Hal ini bertujuan agar transaksi dapat selesai dengan baik dan produk dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Selain itu, ia menegaskan perlunya peningkatan kualitas produk oleh penjual UMKM untuk menghindari risiko pengembalian barang yang dapat merugikan mereka. 

“UMKM itu juga perlu perlindungan, makanya harus selektif di dalam waktu pemesanan. Informasinya harus jelas. Visualisasinya jelas, spesifikasinya jelas, sehingga pada saat terjadi transaksi kita berharap bahwa transaksi itu close, terus transaksi itu berhasil diterima dengan baik,” ucapnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://rm.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/211931/akumindo-sebut-kebijakan-retur-barang-di-ecommerce-perlu-dievaluasi

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 29 February 2024 / Published in Berita

KABARINDRAMAYU – Kabupaten Indramayu kembali ditetapkan sebagai daerah dengan kontribusi perikanan terbesar di Jawa Barat pada tahun 2023 lalu. Dari total produksi perikanan Jawa Barat, kontribusi Kabupaten Indramayu mencapai 34,63 %.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi menjelaskan pada tahun 2023 lalu produksi perikanan di Jawa Barat mencapai 1.592.694,75 ton. Dari jumlah tersebut produksi perikanan dari Kabupaten Indramayu mencapai 551.632,81 ton yang berasal dari perikanan tangkap 174.131,77 ton dan perikanan budidaya 377.501,04 ton.

“Dengan kontribusi 34,63 persen produksi perikanan Indramayu baik perikanan tangkap maupun budidaya menjadi daerah produsen perikanan terbesar di Jawa Barat, disusul peringkat ke dua Kabupaten Cianjur dan peringkat ke tiga Kabupaten Bogor,” kata Edi Umaedi, seusai menerima penghargaan pada kegiatan Forum Perangkat Daerah Dinas Kelautan dan Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di Bandung, Rabu 28 Februari 2024.

Edi menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas berbagai kebijakan dan program Bupati Indramayu Nina Agustina dan sinergitas super tim serta keuletan dan kegigihan para pelaku usaha perikanan dan kelautan dalam keberhasilan pembangunan perikanan dan kelautan di Kabupaten Indramayu.

Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, pencapaian tersebut merupakan buah dari kerja keras, kerja baik, dan kerja nyata para pelaku usaha perikanan (nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam dan pengolah serta pemasar hasil perikanan) dalam bekerja di sektor perikanan.

Sumber dan berita selengkapnya: 
https://kabarindramayu.pikiran-rakyat.com/indramayu/pr-3337774057/indramayu-dengan-produksi-perikanan-terbesar-se-jawa-barat-kontribusi-3463?page=all

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 29 February 2024 / Published in Berita

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan galangan kapal PT Multi Ocean Shipyard (MOS), anak usaha dari PT Soechi Lines Tbk, dengan bangga mengumumkan langkah besar dalam pembangunan jetty baru sebagai tambahan dari jetty yang sudah ada sebelumnya di fasilitas galangan kapalnya. Pembangunan jetty ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi operasional di PT MOS.

Pembangunan tambahan jetty ini dirancang untuk mendukung pertumbuhan yang pesat dalam pertumbuhan industri maritim. Dengan memperluas infrastruktur jetty, PT MOS akan dapat menangani lebih banyak kapal secara bersamaan dan meningkatkan kapasitas produksi serta layanan pelanggan.

PT MOS berkomitmen untuk terus meningkatkan dan mengembangkan fasilitas yang dimilikinya guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin berkembang. Pembangunan tambahan jetty ini adalah langkah strategis dalam mendukung visi PT MOS menjadi perusahaan galangan kapal terkemuka yang memberi manfaat bagi industri maritim Indonesia.

Proyek ini telah dimulai pada awal bulan Februari 2024 dan diharapkan dapat selesai dalam waktu pembangunan 1 (satu) tahun atau pada bulan Februari 2025.

Adapun pihak yang mengerjakan pembangunan jetty tersebut adalah PT Pembangunan Perumahan Tbk atau PT PP (Persero) dan konsultan PT Indra Karya. Setelah pembangunan selesai, jetty tambahan ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi PT MOS, pelanggan, dan masyarakat setempat, dengan menciptakan peluang kerja tambahan dan meningkatkan kontribusi ekonomi regional.

Sumber dan berita selengkapnya: 
https://ekonomi.bisnis.com/read/20240228/98/1744852/pengembangan-jetty-pt-mos-kuatkan-infrastruktur-bisnis-galangan-kapal.

Salam,
Divisi Informasi

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat