Monday, 12 April 2021 / Published in Berita

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim mendorong pengembangan ekosistem produk halal secara terintegrasi dari hulu ke hilir. Dalam implementasikan produsen produk halal harus menggandeng sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan Pertanian dalam rantai pasok (supply chain) industri halal.

“Kawasan Industri Halal diharapkan memfasilitasi kolaborasi produsen produk halal dengan UMKM sekitar sehingga memberikan dampak sosial dan ekonomi besar kepada masyarakat,” ungkap dia dalam keterangannya saat mengunjungi Modern Halal Valley, kawasan industri halal di Cikande, Serang.

Lukmanul Hakim menyebutkan sektor UMKM, khususnya sektor pertanian, perikanan dan peternakan, merupakan sektor yang tumbuh tinggi di saat pandemi covid-19. Sektor ini juga merupakan sektor usaha yang digeluti mayoritas penduduk Indonesia.

Dengan kolaborasi usaha besar dengan UMKM secara terintegrasi diharapkan dapat meningkan tkpertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. “Kita bersyukur mengawali tahun 2021 pertumbuhan ekonomi mengalami positif setelah negatif pada 2020 akibat pandemi covid-19,” tuturnya.

Manajer Pemasaran PT Modern Industrial Estat Wahyu Hidayatullah memaparkan perkembangan kawasan industri halal Modern Halal Valley yang diyakini memiliki prospek bagus saat ini dan ke depan. “Sejumlah perusahaan sudah masuk di kawasan ini,” kata Wahyu.

Monday, 12 April 2021 / Published in Berita

IDXChannel – Pemerintah sebelumnya mengumumkan larangan mudik tahun ini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pun mendukung kebijakan tersebut untuk menekan angka penularan dan penyebaran virus covid-19, namun demikian penyeberangan untuk pengiriman logistik tetap dilakukan.

Diungkapkan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, meskipun ada larangan mudik, namun pihaknya memastikan pelabuhan penyeberangan akan tetap beroperasi yang melayani pengiriman logistik dan juga masyarakat yang masuk dalam kategori pengecualian.

“Namun demikian, ASDP memastikan bahwa pelabuhan penyeberangan tetap beroperasi melayani logistik dan masyarakat yang dikecualikan,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (10/4/2021).

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, ungkap Ira, angkutan logistik harus tetap berjalan lancar meskipun ada larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. “Karena sesuai arahan Presiden, pelayanan angkutan logistik harus tetap berjalan lancar untuk menjaga pasokan di daerah,” jelasnya.

Sekadar informasi, adapun kebijakan larangan tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 13 tahun 2021 tentang larangan mudik lebaran. Selain itu juga mengacu pada Edaran (SE) Gugus Tugas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.idxchannel.com/economics/pengiriman-logistik-tetap-dilayani-di-pelabuhan-meski-ada-larangan-mudik

Salam,
Divisi informasi

Monday, 12 April 2021 / Published in Berita

Bandar Lampung (Lampost.co) — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berencana memperkuat pembangunan berbasis kawasan. Potensi daerah di Bumi Ruwa Jurai ditargetkan terkoneksi agar perekonomian bergeliat usai pandemi covid-19.

“Rencananya akan ada 11 lokasi pembangunan kawasan industri yang tersebar di Provinsi Lampung,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan, kepada Lampost.co, Minggu, 11 April 2021.

Lokasi tersebut meliputi Kawasan Industri Way Pisang, Kawasan Industri Lampung Selatan, Kawasan Industri Katibung, Kawasan Industri Bandar Lampung, Kawasan Industri Pesawaran, Kawasan Industri Tanggamus, Kawasan Industri Lampung Tengah, Kawasan Industri Tulangbawang, Kawasan Industri Mesuji, Kawasan Industri Tulangbawang Barat, dan Kawasan Industri Waykanan.

Ia mengatakan untuk kawasan pertanian dan pariwisata menyeluruh di kabupaten/kota se-Lampung. Untuk itu penguatan infrastruktur di sektor pertanian, pariwisata akan dilakukan di seluruh wilayah Lampung. Semua kawasan terjalin berkesinambungan sehingga perekonomian berjalan baik.

“Pengembangan pembangunan itu berbasis kawasan. Jadi kawasan-kawasan ini harus didukung dan didorong dengan sistem jaringan yang efektif. Nanti terhubung konektivitas dengan jalan tol sehingga isu-isu logistik, ekonomi industri, pertanian, itu bisa ditangani,” katanya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://m.lampost.co/berita-pemprov-lampung-perkuat-pembangunan-berbasis-kawasan.html

Salam,
Divisi Informasi 

Monday, 12 April 2021 / Published in Berita

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Tahun 2021, di Jakarta, Kamis (8/4/2021). 

Kegiatan Rakornis tahun ini mengusung tema “Transformasi Perhubungan Darat untuk Menghadapi Tantangan dan Peluang”. 

Penyelenggaraan Rakornis ini dimaksudkan sebagai salah satu bagian cara kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Darat maupun Kementerian Perhubungan dalam melakukan konsolidasi dan koordinasi bersama dengan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota melalui Dinas Perhubungan ataupun Dinas yang terkait, serta Badan Usaha baik nasional ataupun daerah.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Marta Hardisarwono, mengapresiasi sebanyak 2.798 peserta yang bergabung dalam kegiatan ini secara virtual. 

Peserta terdiri dari para Kepala Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia, Direksi BUMN dan BUMD mitra kerja Ditjen Perhubungan Darat, para Kepala UPT di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/11/104100415/upaya-kemenhub-targetkan-zero-truk-odol-di-2023

Salam,
Divisi Informasi 

Monday, 12 April 2021 / Published in Berita

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mengakselerasi pelaksanaan program tol laut, khususnya di wilayah Papua dan Papua Barat. Hal itu dilakukan guna menekan disparitas harga yang sudah cukup lama terjadi di wilayah paling timur Indonesia tersebu.

Efektifitas program tol laut sendiri sudah dirasakan oleh masyarakat pada jalur lintasan kapal, termasuk untuk wilayah yang berada di Papua dan Paoua Barat. Disparitas harga antara wilayah Indonesia Barat dengan Indonesia Timur, sudah mulai terkikis, disamping juga kemudahan akses bagi masyarakat dan pelaku usaha di wilayah Indonesia Timur untuk memasarkan produknya keluar pulau, termasuk ke wilayah Indonesia Barat.

Bupati Jayapura, Matias Awaitouw, dalam Rakor Monev pelaksanaan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat, Jumat (9/4) mengapresiasi kinerja Kemenhub yang telah menghadirkan tol laut di daerahnya.

“Kehadiran Tol Laut di bumi Papua merupakan salah satu hasil kerja keras KSOP kelas II Jayapura selaku kordinator wilayah pada beberapa pelabuhan di wilayah administrasi Provinsi Papua serta koordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi melalui Satuan Teknis SKPD/OPD terkait yaitu Dinas Perindagkop dan Dinas Perhubungan melaksanakan kordinasi dan pendampingan serta evaluasi layanan Tol Laut yang berjalan di wilayah Provinsi Papua yang menyeluruh sampai di masyarakat Papua dengan berbasis kearifan lokal,” ujar Matias.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan, Chris Kuntadi, mengatakan program tol laut di Papua sejalan dengan penyelenggaraan Layanan Kewajiban Publik untuk Kapal Perintis, sebagai bagian dari elemen pendukung tol laut dan juga pembangunan pelabuhan rakyat dan pelabuhan perintis.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://fin.co.id/2021/04/10/tekan-disparitas-harga-di-papua-tol-laut-terus-di-pacu/

Salam,
Divisi informasi

Monday, 12 April 2021 / Published in Berita

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Menjelang ramadhan tahun 2021, angkutan kargo di Bandara Depati Amir Pangkalpinang mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun 2020.

“Kalau kondisi penumpang tetap di tengah Covid-19 mengalami penurunan, untuk mencapai 50 persen dari angka normal dulu belum ada. Kalau per hari bisa mencapai 1.500 – 2.000 orang, normalnya dulu sekitar 4.000 orang. Menjelang ramadhan masih stabil jumlah penumpang, belum ada kenaikan yang signifikan. Namun biasanya yang mengalami kenaikan adalah barang-barang kargo,” ujar Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Erwin Adiyasha, Sabtu (10/4/2021).

Berdasarkan data rekap Bandara Depati Amir Pangkal pinang per tanggal 8 April 2021 angkutan kargo mengangkut sebanyak 33. 162 Kg sedangkan per tanggal 8 April 2020 hanya mengangkut barang sebanya 8.406 Kg.

“Kalau kita ambil sampel pada hari, bulan yang sama tetapi tahun berbeda itu ada peningkatan angkutan kargo, pencapaian trend cargo produksi bisa mencapai 295 persen. Ini ada peningkatan kargo menjelang bulan suci Ramadhan,” kata Erwin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kemungkinan terjadi peningkatan karena banyak orang melakukan pengiriman baik itu barang yang rutin digunakan dan barang yang digunakan saat bulan ramadhan.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://bangka.tribunnews.com/2021/04/10/menjelang-ramadhan-2021-angkutan-kargo-di-bandara-depati-amir-melonjak

Salam,
Divisi informasi



Monday, 12 April 2021 / Published in Berita

JAKARTA (beritaTrans.com) – Transportasi laut memiliki peran yang strategis dalam mendukung pembangunan nasional di segala bidang, dan menjadi infrastruktur penting dalam rangka menggerakkan roda perekonomian Indonesia, khususnya di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). 

“Ribuan pulau yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dihuni oleh penduduk yang beragam suku, agama, ras maupun bahasa, perlu dijembatani dengan infrastruktur konektivitas yang memadai. Transportasi laut selain menjadi simpul konektivitas antar pulau juga merupakan penghubung serta menjadi urat nadi yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di seluruh pelosok Indonesia ,” demikian disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada acara Webinar Transportasi Untuk Merajut Keberagaman Episode 4 : Moda Transportasi Laut, Senin 24 Agustus 2020. 

Pernyataan pemerintah itu memperlihatkan dengan tegas kesadaran bangsa ini terhadap peran dan fungsi strategis transportasi laut. Kesadaran itu akan  menjadi paripurna dengan menguatnya perlindungan terhadap pelaut, terutama di masa pandemi Covu-19 ini.  

Fakta memperlihatkan sejauh ini belum ada vaksinasi massal dan gratis kepada pelaut.  Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengemukakan sejauh info yang diterima, belum ada vaksinasi massal untuk para pekerja sektor transportasi, termasuk pelaut. 

“Seharusnya, mereka mendapatkan prioritas vaksinasi. Mereka peranan yang besar dalam perekonomian melalui dukungan terhadap pergerakan manusia dan barang. Di samping itu, mobilitas mereka tentu rawan penyebaran virus Covid-19,” tuturnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Sabtu (10/3/2021).

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.beritatrans.com/artikel/208067/pemerintah-didesak-segera-vaksinasi-massal-pelaut/

Salam,
Divisi Informasi 

Monday, 12 April 2021 / Published in Berita

JNE Dukung UMKM dan Industri Halal di Sumatera Utara
EDISIMEDAN.com, MEDAN-Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi covid-19 yang masih mewabah seperti sekarang ini, merupakan salah satu faktor penting sebagai penggerak perekonomian Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, saat ini juga terjadi peningkatan kesadaran konsumen terhadap kehalalan dan legalitas produk. Apabila tidak memiliki legalitas dan sertifikasi halal, maka akan menghambat pemasaran produk lokal di masa mendatang.

Menyikapi hal ini, JNE yang sangat peduli kepada keberlangsungan UMKM, memberi dukungan kepada pihak-pihak pelaksana program yang mendukung kemajuan UMKM, khususnya di Sumatera Utara. Hal ini sejalan dengan yang dilakukan oleh JNE Medan dalam mensupport kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Medan Area pada Senin, 6 April 2021 lalu.

Acara ini dikemas dalam bentuk webinar Nasional dengan tema Potensi Industri Halal dan UMKM Sumut, yang dihadiri oleh lebih dari 300 partisipan yang terdiri dari pelaku UMKM dan Mahasiswa berasal dari seluruh Indonesia. Webinar ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, mewakili Drs. H. Musa Rajekshah, M. Hum selaku wakil Gubernur Sumatera Utara dan Rektor Universitas Medan Area, Prof. Dr. Dadan Ramdan, M. Eng, M.Sc.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ir. Suherman, Wagub Musa Rajekshah menyampaikan bahwa pihaknya bersama institusi pemerintah lainnya terus berupaya menyokong kebutuhan mendasar yang diharapkan oleh masyarakat sebagai konsumen kepada UMKM sebagai pihak produksi. 

“Kami mendukung kegiatan ini sebagai langkah untuk mengembangkan teknik perizinan. Kami bersama Dinas UMKM Provinsi Sumatera Utara siap membantu dan mendukung industri halal, melalui sosialisasi dan pelatihan bagi pelaku UMKM yang dapat meningkatkan pengembangan produk maupun taraf hidup pelaku UMKM”, ujarnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://edisimedan.com/jne-dukung-umkm-dan-industri-halal-di-sumatera-utara/

Salam,
Divisi Informasi 

Saturday, 10 April 2021 / Published in Berita

jpnn.com, JAKARTA – Bea Cukai terus mendorong potensi ekspor perikanan dalam upaya mendorong program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggandeng calon eksportir dan intansi pemerintah terkait untuk membahas potensi ekspor perikananan dari berbagai daerah.

Bea Cukai Ambon mengunjungi PT Perikanan Nusantara untuk melihat langsung proses poduksi.

“Setelah kunjungan ini, kami mendorong perusahaan untuk melakukan ekspor, dan kami juga menyediakan fasilitas ekspor yang pasti akan memudahkan dan bermanfaat bagi perusahaan,” kata Kepala Seksi Perbendaharaan Kantor Bea Cukai Ambon Dwi Yogo Hardianto mengatakan Bea Cukai Biak juga bersinergi dengan Karantina Perikanan untuk menggandeng calon eksportir, yaitu pengusaha UKM yang berencana untuk mengekspor kepiting dan ikan ke Hong Kong.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.jpnn.com/news/ini-cara-bea-cukai-menggali-potensi-ekspor-perikanan

Salam,
Divisi informasi

Saturday, 10 April 2021 / Published in Berita

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang juga sekaligus sebagai sekretaris Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menyambut baik peluncuran program Unilever Muslim Center of Excellent, kerja sama antara KNEKS dengan PT Unilever Indonesia Tbk sebagai salah satu upaya untuk pembangunan ekosistem produk halal di Indonesia.

Hal ini ia ungkapkan dalam sambutan acara Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama antara KNEKS dengan PT Unilever Indonesia serta Peluncuran Program Unilever Muslim Center of Excellent, yang dilakukan secara virtual pada Kamis (8/4).

“Saya berharap kerja sama ini akan terus mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dalam rangka mewujudkan visi Indonesia maju serta sebagai pusat ekonomi syariah dunia,” kata Menkeu, Kamis (8/4).

Menkeu menjelaskan dalam situasi pandemi ini, industri halal masih mampu mencatatkan kinerja yang baik. Secara global, pengeluaran untuk produk-produk halal pada 2019 untuk produk makanan, farmasi, kosmetik, fashion dan travel mencapai US$ 2,02 triliun, terdapat pertumbuhan sebesar 3,2% dari tahun sebelumnya.

Bahkan menurut Menkeu, pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2019 sebelum terjadinya Covid-19 yaitu sekitar 2,3%. Hal ini menggambarkan potensi dari pasar produk-produk halal yang diminati oleh banyak konsumen di seluruh dunia.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://nasional.kontan.co.id/news/menku-sri-mulyani-dukung-pembangunan-ekosistem-industri-halal-di-indonesia

Salam,
Divisi informasi

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat