Wednesday, 01 December 2021 / Published in Berita

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) mendukung industri teknologi 4.0 yang saat ini sedang berkembang dengan terus mempersiapkan dan memperbarui layanan digitalisasi untuk memudahkan proses pelayanan terhadap kendaraan yang dilayani.

Optimalisasi layanan digital ini nantinya akan terhubung baik dari sisi internal IPCC, khususnya di bagian operasional dan keuangan lalu ke sistem automaker, shipping line, hingga custom clearance (Bea Cukai).

Tak hanya itu pada akhir September lalu, IPCC bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) melakukan soft launching penggunaan Radio Frequency Identification (RFID) pada unit yang dibawa oleh TMMIN, yaitu Toyota.

“Kami sangat berterima kasih kepada TMMIN yang telah mempercayakan kami untuk menangani bongkar muat kendaraan Toyota. Penggunaan RFID ini merupakan bagian dari perjalanan digitalisasi di Terminal IPCC, di awali dengan implementasi TOS Internasional, Billing engine, dan ERP di tahun 2015,” ujar Investor Relation Indonesia Terminal Kendaraan (IPCC) Reza Priyambada, Senin (29/11).

Lalu, dilanjutkan dengan TOS Domestik di tahun 2018 dan berlanjut dengan pengembangan sistem CEISA, Auto NPE, dan Autogate Management System Dashboard di tahun 2021.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://industri.kontan.co.id/news/indonesia-kendaraan-terminal-ipcc-terus-kembangkan-digitalisasi-layanan

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 01 December 2021 / Published in Berita

BATAUGA, Rubriksultra.com- Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani, paham betul bila daerah yang dipimpinnya merupakan wilayah kepulauan, sehingga memiliki tantangan tersendiri dalam segala aspek pembangunan. Olehnya, orang nomor satu di Busel ini intens membangun aksesibilitas dan konektivitas antarwilayah berupa pelabuhan rakyat di semua pulau yang ada agar pembangunan baik di wilayah daratan maupun kepulauan dapat merata.

Pembangunan pelabuhan rakyat ini telah digenjot sejak tahun lalu, dimana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dirjen Perhubungan Darat melaunching pembangunan pelabuhan Siompu dan Kadatua. Launching bertepatan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2020 yang pusatkan di terminal penumpang tipe A Puuwatu Kota Kendari, Sabtu 19 September 2020 lalu.

Pada 2021 ini, giliran pelabuhan rakyat Bandar Batauga yang dimaksimalkan. Pembangunan pelabuhan rakyat Bandar Batauga ini ditandai dengan peletakan tiang pancang pelabuhan yang dipimpin Bupati Busel, H. La Ode Arusani, Jum’at 23 Juli 2021 kemarin.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, kehadiran pelabuhan rakyat ini guna menjawab dan mendukung percepatan mobilisasi logistik barang dan masyarakat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah di Kabupaten Buton Selatan.

“Kawasan Bandar Batauga ini menjadi salah satu pusat pertumbuhan baru. Pembangunan pelabuhan rakyat Bandar Batauga akan mendukung konektivitas antarwilayah yang menghubungkan wilayah kepulauan dengan daratan Buton khususnya Ibu Kota Kabupaten Buton Selatan,” kata Arusani.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://rubriksultra.com/pembangunan-infrastruktur-digenjot-konektivitas-antarpulau-makin-mudah/

Salam,
Divisi Informasi 

Wednesday, 01 December 2021 / Published in Berita

Harianjogja.com, SEMIN – Pemkab Gunungkidul memastikan adanya perluasan kawasan industri di Kelurahan Candirejo, Semin dari 75 hektare menjadi 400 hektare. Kebijakan ini terutang dalam draf revisi Perda No.6/2012 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

Kepala Kundha Mandala Niti Sarta Sasana atau Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul, Winaryo mengatakan, proses revisi Perda No.6/2012 tentang RTRW sudah mendapatkan pengesahan substansi dari DPRD. Tahapan selanjutnya dilakukan kajian terkait dengan draf tersebut oleh tim dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

“Jadi tahapannya masih panjang untuk bisa disahkan menjadi perda baru,” katanya, Senin (29/11/2021).

Dia menjelaskan, salah satu perubahan RTRW membahas tentang area kawasan industri, salah satunya di Kapanewon Semin, tepatnya di Kelurahan Candirejo. Di perda lama, area yang disediakan hanya 75 hektare. Namun dalam revisi, area diperluas sampai 400 hektare.

Adapun cakupannya tidak hanya di Kelurahan Candirejo, namun meluas sampai Kelurahan Rejosari (masih di Kapanewon Semin dan Kelurahan Sambirejo di Kapanewon Ngawen. “Ketiganya saling berbatasan. Kelurahan Sambirejo berada di sisi barat, sedangkan Kelurahan Rejosari berada di sisi timur Kelurahan Candirejo,” katanya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2021/11/30/513/1089554/kawasan-industri-semin-diperluas-jadi-400-hektare

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 01 December 2021 / Published in Berita

SERANG – Provinsi Banten merupakan wilayah daratan yang berada di ujung barat Pulau Jawa yang dikelilingi oleh laut, yaitu Laut Jawa, Selat Sunda, dan Samudera Hindia.

Banten merupakan pintu masuk dan keluarnya kegiatan perdagangan antara Pulau Jawa-Sumatera dan perdagangan internasional melalui Pelabuhan Laut dan Bandar Udara Internasional.

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banten, Komarudin mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan, kenyamanan, dan kemudahan untuk investor.

“Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang cepat berbasis online, serta sistem perizinan yang simple,” kata Komarudin dalam keterangannya, Senin (29/11/2021).

Komarudin menambahkan, meski diterjang Pandemi Covid-19, iklim investasi di Banten mengalami tren positif, bahkan meningkat. Karena, kata dia, Banten merupakan lintasan distribusi arus barang, jasa, dan penumpang dengan tingkat mobilisasi sebesar 60 persen dari total mobilisasi nasional.

“Selain komitmen dalam memberikan pelayanan yang cepat dan nyaman kepada investor. Terbukti, meski pandemi Provinsi Banten tetap menjadi daerah primadona bagi para investor,” kata Komarudin.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://daerah.sindonews.com/read/613705/174/potensi-kelautan-dan-perikanan-banten-peluang-investasi-yang-menjanjikan-1638198719

Salam,
Divisi Informasi 

Wednesday, 01 December 2021 / Published in Berita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Indonesia berkomitmen melakukan industrialisasi produk halal melalui Kawasan Industri Halal. Hingga akhir 2021, ada tiga KIH di Indonesia yaitu Modern Halal Valley di Cikande Banten, Halal Industrial Park di Sidoarjo dan Bintan Inti Halal Hub di Bintan Kepulauan Riau.

Direktur Industri Halal KNEKS, Afdhal Aliasar mengatakan industrialisasi menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan kontribusi Indonesia dalam global halal value chain. Saat ini ada belasan potensi kawasan lainnya yang sedang berproses menjadi KIH.

“Banyak juga zona industri halal yang akan dibangun dalam kawasan industri yang sudah ada, serta klaster industri produk halal akan hadir di berbagai daerah di luar kawasan industri,” kata dia. 

Semuanya akan diarahkan untuk menghasilkan produk halal yang berkualitas melalui proses industrialisasi dengan mengutamakan bahan baku lokal. Juga melibatkan riset bahan halal pendukung dan tentunya pelibatan UMKM sebagai bagian dari rantai pasok industri ini. 

Industrialisasi ini akan menghasilkan produk halal yang mampu memenuhi standar pasar internasional dan mampu bersaing memenuhi kebutuhan halal penduduk dunia. Beberapa pemain industri global dalam bidang ini langsung menangkap peluang dan menjadikan Indonesia sebagai Center of Excellence pengembangan produk halal mereka untuk kebutuhan global.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.republika.co.id/berita/r3d1w7370/indonesia-segera-masuk-fase-industrialisasi-produk-halal

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 01 December 2021 / Published in Berita

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan perusahaan industri semakin sadar pentingnya menerapkan sistem industri hijau dalam operasional produksinya, yang salah satunya mampu mengefisienkan penggunaan energi.

“Saya sangat bangga melihat bahwa sektor manufaktur sudah semakin terpacu dalam mengejar pembangunan industri hijau dengan keberhasilan efisiensi energi yang mencapai nilai Rp3,2 triliun dan penghematan air senilai Rp169 miliar. Pencapaian ini memperkuat komitmen industri untuk memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan dalam jangka panjang,” kata Menperin di Jakarta, Selasa.

Menperin menyampaikan hal itu pada acara “Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau dan Penyerahan Sertifikat Industri Hijau” di Gedung Kemenperin, Jakarta.

Kemenperin secara rutin menyelenggarakan Program Penghargaan Industri Hijau, yang penilaiannya menggunakan indikator kinerja yang terukur, objektif, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami melihat bagaimana dan seberapa besar perusahaan industri dapat melakukan efisiensi dalam proses produksi.” ujar Agus

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.antaranews.com/berita/2554861/menperin-perusahaan-semakin-sadar-pentingnya-penerapan-industri-hijau

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 01 December 2021 / Published in Berita

JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut melakukan penandatanganan pakta integritas penerapan inaportnet pada hari ini. 

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha mengatakan, pakta integritas ini diikuti oleh 21 perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut beserta 11 BUP (Badan Usaha Pelabuhan) terkait. 

“Dengan dilaksanakannya penandatanganan Pakta Integritas Penerapan Inaportnet hal ini menunjukkan kesungguhan dan komitmen semua jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan seluruh pemangku kepentingan di Pelabuhan dalam mewujudkan penerapan Inaportnet,” kata Arif dikutip dari keterangannya, Senin (29/11/2021). 

Arif mengatakan, dalam penerapan aplikasi Inaportnet nanti, ada beberapa aspek yang harus dijunjung tinggi. Misalnya, aspek komitmen, yaitu bagaimana seluruh stakeholder yang terlibat dapat patuh terhadap standar operasional prosedur yang berlaku.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.okezone.com/tren/read/2021/11/29/620/2509177/kemenhub-gandeng-badan-usaha-pelabuhan-tingkatkan-penerapan-inaportnet?page=1

Salam,
Divisi Informasi

Wednesday, 01 December 2021 / Published in Berita

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mendorong UMKM untuk bertransformasi ke digital. Hal ini diyakini, dengan cara itu, UMKM akan mudah bangkit dari badai pandemi Covid-19.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Teten Masduki mencatat sudah ada 16,4 juta UMKM yang telah terintegrasi dengan pasar digital. Angka ini naik 105 persen dibandingkan periode tahun lalu.

“Saat ini ada 16,4 juta atau naik 105 persen UMKM yang terhubung ke digital,” kata Teten dalam launching Etalase Digital Produk UMKM Ber-SNI, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Maraknya UMKM yang masuk pasar digital akan memudahkan pemerintah untuk mendorongnya masuk ke rantai pasok global. Sehingga diperlukan standarisasi produk dengan memberikan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4724316/menkop-teten-164-juta-umkm-sudah-terintegrasi-pasar-digital

Salam,
Divisi Informasi

Tuesday, 30 November 2021 / Published in Berita

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan kabar yang menggembirakan. Aktivitas konsumsi dan produksi masyarakat telah meningkat dan akan menjadi bekal untuk masuk ke tahun 2022 yang lebih kuat dari sisi pemulihan ekonomi.

Consumer Confidence Index kita sudah mulai pulih bahkan mendekati sebelum terjadinya Covid. PMI (Purchasing Managers Index) kita juga mengalami kenaikan dengan adanya kemampuan mengelola delta varian,” kata Menteri Keuangan di Istana Negara, Senin 29 November 2021.

Menkeu juga menyebut indikator pertumbuhan yang baik juga datang dari ekspor, impor, dan konsumsi listrik. Ia lantas menjelaskan bahwa APBN tahun 2022 disusun dengan asumsi pertumbuhan ekonomi 5,2 persen, inflasi 3 persen, nilai tukar Rp14.350 per dolar Amerika, suku bunga surat berharga negara 10 tahun di 6,8 persen, harga minyak 63 dollar per barrel, lifting minyak 703.000 barrel per hari, dan lifting gas 1.000.036 barrel per hari.

Untuk sasaran-sasaran yang akan dicapai tahun 2022 yaitu tingkat pengangguran tahun depan diharapkan akan menurun pada level 5,5 hingga 6,3 persen.

Tingkat kemiskinan diharapkan akan bisa turun di bawah 9 persen lagi, yaitu antara 8,5 hingga 9 persen. Gini ratio akan membaik di 0,376 hingga 0,378. Indeks pembangunan manusia akan terus meningkat di 73,41 hingga 73,46. Nilai tukar petani akan dijaga di atas 100 yaitu 103 hingga 105, dan nilai tukar nelayan di 104 tinggal 106.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.ngopibareng.id/read/menkeu-indikator-ekspor-impor-indonesia-semakin-menguat

Salam,
Divisi Informasi

Tuesday, 30 November 2021 / Published in Berita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen terus meningkatkan efisiensi sistem logistik yang telah dimandatkan diatur oleh pemerintah sesuai UU No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, antara lain dalam rangka mendukung melesatnya kinerja e-commerce nasional. “Guna menjaga pertumbuhan e-commerce, pemerintah Kemendag terus berupaya meningkatkan efisiensi sistem logistik di Indonesia,” kata Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, dalam webinar “Solusi Layanan Logistik untuk e-Commerce di Daerah” di Jakarta, Senin (29/11).

Seperti diberitakan Antara, Wamendag mengingatkan, neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus sebanyak 30,81 miliar dolar AS per Januari-Oktober 2021, yang merupakan rekor kenaikan tertinggi dari Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Satu faktor neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus karena perkembangan ekonomi digital dan e-commerce di Indonesia.

Menurut Jerry, nilai e-commerce Indonesia meningkat cepat, dengan perkiraan pertumbuhan tahunan 2021 mencapai Rp 337 triliun. “Semua kaitannya erat dengan fenomena digital yang kita alami dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam aktivitas dan juga rutinitas, juga dalam program-program baik juga yang dilakukan oleh pemerintah dan juga oleh pelaku atau stakeholder (pemangku kepentingan),” katanya.

Jerry menjelaskan, Kemendag mendukung kinerja logistik nasional Indonesia sesuai regulasi yang telah ditetapkan. Antara lain, UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan yang memandatkan pemerintah mengatur kegiatan perdagangan antar pulau untuk integrasi pasar dalam negeri, serta juga Permendag Nomor 92 Tahun 2020 tentang Perdagangan Antar Pulau.

“Jadi yang namanya distribusi, logistik dan pemerataan adalah bagian dari sebuah proses yang dilakukan saya pikir tidak hanya di Kementerian Perdagangan, tapi dari lintas K/L, pemerintah kabupaten provinsi, dan juga kotamadya, untuk sama-sama membuat ekosistem yang sehat, yang didasari oleh pembangunan infrastruktur,” ucap Jerry.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://republika.co.id/berita/r3cwef456/efisiensi-sistem-logistik-terus-didorong

Salam,
Divisi Informasi

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat