×
Saturday, 27 April 2024 / Published in Berita

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ekspor melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah selama Februari 2024 didominasi oleh hasil industri, yaitu sebesar US$50,75 juta atau 89,41 persen dari total ekspor yang melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah.

“Ekspor hasil industri tersebut berasal dari kelompok lemak dan minyak hewani/nabati yakni minyak kelapa sawit, kayu dan barang dari kayu yakni kayu olahan, 

ampas/sisa industri makanan yakni bungkil dan residu dan timah hitam yakni logam dasar bukan besi,” kata Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalteng, Eko Marsoro pada Jumat, 26 April 2024.

Menurut Eko, selama Februari 2024 layanan ekspor komoditas tambang melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah mencakup 10,55 persen dari total ekspor melalui pelabuhan Kalimantan Tengah.

“Sebagian besar ekspor komoditas tambang dilakukan melalui pelabuhan di luar Kalimantan Tengah,” katanya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.borneonews.co.id/berita/338140-ekspor-lewat-pelabuhan-di-kalteng-didominasi-hasil-industri

Salam,
Divisi Informasi

Saturday, 27 April 2024 / Published in Berita

Samarinda (ANTARA) – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Disperindagkop) Kalimantan Timur (Kaltim) terus mendampingi para pelaku UMKM di wilayahnya untuk mengoptimalkan platform e-katalog sebagai pengembangan penjualan.

“Pendampingan pemanfaatan e-katalog tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemasaran produk mereka dan membuka peluang bisnis yang lebih luas,” kata Kepala Disperindagkop Kaltim Heni Purwaningsih di Samarinda, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu para UMKM agar dapat beradaptasi dengan era digital dan memaksimalkan potensi e-katalog. Upaya ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari kebijakan pemerintah yang mewajibkan pengadaan barang dan jasa pemerintah menggunakan produk lokal melalui e-katalog.

“Oleh karena itu di tingkat pemerintah daerah, kami berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memfasilitasi semakin banyak UMKM yang dapat masuk ke e-katalog,” jelas Heni.

Heni menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 16 etalase di e-katalog lokal untuk mengkategorikan berbagai jenis produk, seperti makanan, minuman, konstruksi, dan konveksi.

“Kami mendorong UMKM di berbagai sektor untuk memanfaatkan e-katalog ini. Jangan jangan terpaku pada penjualan secara offline,” kata Heni.

Salah satu upaya yang dilakukan Disperindagkop Kaltim adalah dengan menggelar kegiatan sosialisasi dan pendampingan e-katalog secara rutin, minimal satu bulan sekali.

“Setelah mengikuti sosialisasi, kami juga mendampingi para UMKM untuk membuat etalase di e-katalog lokal,” jelas Heni.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://kaltim.antaranews.com/berita/211125/disperindagkop-kaltim-bimbing-umkm-lokal-optimalkan-e-katalog

Salam,
Divisi Informasi

Saturday, 27 April 2024 / Published in Berita

MADIUNJawa Pos Radar Madiun – Kecamatan Balerejo dan Pilangkenceng ditetapkan sebagai kawasan industri Kabupaten Madiun.

Itu sesuai Forum Group Discussion (FGD) pemkab bersama tim kajian Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan sejumlah pihak di Gedung Prajamukti, Puspem, Senin (22/4) lalu.

‘’Pertimbangannya antara lain kesiapan lahan, kemudian akses dekat pintu tol,’’ ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Madiun Imam Nurwedi.

Lahan seluas 600 hektare pun disiapkan untuk mendukung kawasan industri itu.

Dari luasan tersebut, pemanfaatan untuk pabrik sepatu dan industri lainnya baru 24 hektare.

Sehingga masih terbuka lebar bagi investor yang mau masuk ke Kabupaten Madiun dan menggunakan kawasan tersebut.

‘’Pengelola kawasan industri itu sendiri ditawarkan ke investor, kemudian tempatnya,’’ jelasnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://radarmadiun.jawapos.com/kab-madiun/amp/804578016/balerejo-pilangkenceng-jadi-kawasan-industri-di-kabupaten-madiun-pemkab-siapkan-masterplan

Salam,
Divisi Informasi

Saturday, 27 April 2024 / Published in Berita

Bisnis.com, MAGELANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyalakan lampu hijau untuk proyek pembangunan fasilitas pelabuhan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) atau Grand Batang City.

Nantinya, fasilitas itu bakal mendukung operasional kawasan industri, utamanya untuk menjamin kelancaran logistik baik pengiriman bahan baku maupun produk berbasis ekspor.

“Untuk izin pelabuhan pengumpan regional yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang ada di KITB sudah approved, sudah keluar melalui sistem Online Single Submission Risk Based Approach [OSS RBA],” jelas Sakina Rosellasari, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, Jumat (26/4/2024).

Sakina menjelaskan, DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah telah melakukan proses validasi secara administratif terkait proyek pembangunan pelabuhan anyar di Kabupaten Batang itu. Lebih lanjut, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah juga telah melakukan verifikasi teknis.

Kalau izin sudah ada, itu kan Pelindo yang akan membangun di KITB. Mulai untuk raw material, kemudian konstruksi, dan itu bagian untuk memulai [proses] konstruksi,” jelas Sakina saat ditemui wartawan.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://m.bisnis.com/amp/read/20240427/535/1760903/pemprov-jawa-tengah-keluarkan-izin-proyek-pelabuhan-di-kitb

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 26 April 2024 / Published in Berita

Jakarta, Beritasatu.com – Pasar Indonesia memiliki potensi besar untuk ditembus oleh merek-merek internasional. Potensi pasar terhadap pertumbuhan dan inovasi menjadikan Indonesia tujuan yang menarik dalam hal investasi dan ekspansi.

Namun, meski terdengar menarik, proses ini memiliki sejumlah tantangan mulai dari pemahaman budaya, aturan yang berlaku, kompleksitas logistik, serta preferensi konsumen lokal.

“Saya meyakini pentingnya memahami regulasi setempat. Kompleksitas regulasi lokal Indonesia serta dinamika kebijakan terkait perdagangan membuat merek-merek global kerap menghadapi kesulitan dan ketidakpastian ketika memasuki pasar Indonesia,” ujar Daniel Liu, pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Rocketindo di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Dikatakan Liu, ketika sebuah perusahaan hendak melakukan ekspansi ke pasar yang baru, maka harus mencari mitra lokal untuk membantu mempermudah izin masuknya ke suatu negara. 

“Penting untuk bisa menerjemahkan regulasi-regulasi lokal di Indonesia agar mudah dipahami dan diterapkan oleh merek-merek asing. Selain itu juga penting untuk mendapatkan mitra lokal seperti kami dengan pengalaman luas bekerja dengan perusahaan ekspedisi lokal dan petugas bea cukai,” lanjutnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.beritasatu.com/ekonomi/2813152/regulasi-jadi-tantangan-merek-global-masuki-pasar-indonesia

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 26 April 2024 / Published in Berita

Suara.com – KALOG Express salah satu segmen bisnis KAI Logistik yang berfokus kepada layanan kurir, mengambil peranan penting dalam menyukseskan logistik nasional di momen puncak Idul Fitri 1445 H.

Pada masa puncak lonjakan pengiriman selama 2 minggu sebelum dan setelah Lebaran, KAI Logistik telah melayani pengiriman paket sebesar 3.186 ton atau 85% dari kapasitas angkut yang tersedia.

TLN Ahmad Malik Syah, Direktur Utama KAI Logistik menjelaskan KAI Logistik baru saja melewati masa puncak pengiriman barang pada masa Idul Fitri 1445 H yang berakhir pada 24 April 2024.

“Tahun ini, pengiriman paket pada puncak Lebaran meningkat 14% dibandingkan periode yang sama tahun 2023 sebesar 2.805 ton. Peningkatan ini menunjukkan bahwa KALOG Express semakin mendapatkan kepercayaan dalam pemenuhan kebutuhan layanan logistik masyarakat, khususnya di momen Idul Fitri,” kata Malik ditulis Jumat (26/4/2024).

Capaian ini didukung dengan berbagai improvisasi baik dari aspek operasional hingga digitalisasi layanan yang telah KAI Logistik antisipasi sebelumnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.suara.com/bisnis/2024/04/26/091521/kalog-express-layani-3186-ton-barang-selama-masa-puncak-lebaran

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 26 April 2024 / Published in Berita

Jakarta (ANTARA) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong digitalisasi bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan bisnis mereka, mulai dari promosi hingga penjualan.

“Kadin terlibat juga ke sana bagaimana supaya UMKM kita ini tidak lagi melakukan penjualan, melakukan promosi itu tidak lagi menggunakan teknologi yang lama tetapi sudah memasuki pasar digital,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang di Jakarta, Kamis.

Sarman mengatakan digitalisasi berperan dalam membuka peluang baru yang dapat mengubah banyak aspek kehidupan, terutama di negara berkembang seperti Indonesia.

Salah satunya adalah target Kementerian Koperasi dan UKM untuk menjadikan sekitar 30 juta UMKM masuk ke ranah digital pada tahun 2025.

Kadin, kata dia, aktif terlibat dalam mempromosikan transisi UMKM dari metode penjualan dan promosi yang konvensional ke pasar digital.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.antaranews.com/berita/4075194/kadin-dorong-digitalisasi-bagi-umkm-tingkatkan-bisnis

Salam,
Divisi Informasi

Friday, 26 April 2024 / Published in Berita

MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng, H. Darliansjah, menghadiri kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pengendalian Pelaksanaan Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Kelautan dan Perikanan serta Sosialisasi Eksternal Aksi Perubahan Digital Layanan Sertifikasi Cara Penanganan Ikan yang baik (CPIB) Melalui Sistem Pengujian Produk Perikanan dari Hulu Sampai Hilir (SAMPULIR) yang diselenggarakan oleh Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM-KHP) Palangka Raya, Kamis (25/4/2024).

Pada kesempatan ini, Kepala Dislutkan Darliansjah saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa salah satu bentuk dukungan Pemprov. Kalteng dengan membangun kawasan tambak udang Shrimp Estate Berkah yang merupakan salah satu terobosan inovatif Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran sebagai daya ungkit perekonomian di daerah pesisir dan sebagai salah satu kekuatan ekonomi di pesisir Kalimantan Tengah.

“Pembangunan kawasan tambak Udang Shrimp Estate Berkah yang berada di Desa Sei Raja Kabupaten Sukamara menerapkan konsep Hulu Hilir Budidaya Udang Bebas Limbah yang meliputi penggunaan bibit udang bersertifikat, pakan bersertifikat, menerapkan cara budidaya ikan yang baik,  dan proses pasca produksi yang baik serta menerapkan bebas limbah dengan demikian menjamin keberlanjutan proses produksi,” ungkap Darliansjah.

Lebih lanjut Darliansjah mengatakan, bahwa produk kelautan dan perikanan sebagai salah satu sumber protein hewani penting dalam pertumbuhan dan ketahanan tubuh manusia, sejalan dengan program penanganan stunting di Kalimantan Tengah dan mencerdaskan generasi mendatang, dirasa sangat penting untuk terus mensosialisasikan konsumsi ikan yang berkualitas baik dan sehat. Dengan demikian pelaksanaan sistem jaminan mutu dan keamanan hasil kelautan dan perikanan menjadi penting dan juga merupakan tanggung jawab kita bersama.

“Terkait dengan proses pelayanan terhadap sertifikasi Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB) secara digital, saya menyambut baik sebagai upaya memberi kemudahan dalam pelayanan pengajuan sertifikasi oleh pelaku usaha perikanan yang lokasinya jauh dari unit pelayanan sertifikasi dan juga mempercepat proses sertifikasi sehingga tidak menjadi kendala bagi pelaku usaha perikanan dalam menjalankan proses produksi usahanya,” tambahnya.

Friday, 26 April 2024 / Published in Berita

RM.id  Rakyat Merdeka – Pengusaha Jasa Transportasi Logistik Indonesia, Tri Kusno Wibowo, mengapresiasi penyelenggara Pemilu 2024.

Pengusaha asal Jakarta ini menilai penyelenggara telah melaksanakan tugas dengan cukup baik.

“Kondisi yang cukup kondusif ini tentu saja disambut baik masyarakat, terutama kalangan pelaku usaha, seperti kami dari kelompok usaha bidang Jasa Transportasi Logistik Indonesia. Situasi ini harus terus terjaga, sehingga roda ekonomi tidak terganggu,” kata Tri dalam keterangannya, Kamis (25/4/2024).

Terkait pasangan calon presiden dan wakil presiden yang ditetapkan sebagai pemenang Pemilu 2024, Tri meyakini, umumnya masyarakat atau pelaku usaha, dapat menerima siapa saja yang akan memimpin Negeri ini. Dengan harapan besar pemimpin baru ini dapat menjalankan amanah rakyat, untuk memajukan negeri dan menyejahterakan kehidupan rakyatnya.

“Pemimpin terpilih nanti dapat melahirkan kebijakan-kebijakan yang berkeadilan untuk masyarakat luas, juga untuk kemajuan bangsa,” ujarnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://rm.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/218481/pengusaha-jasa-transportasi-logistik-siap-dukung-program-pemerintah

Salam,
Divisi Informasi

Thursday, 25 April 2024 / Published in Berita

POS-KUPANG.COM – Sesuai jadwal tol laut yang dibuat oleh manajemen PT Pelni, hari ini Kamis 25 April 2024, KM Sabuk Nusantara 108 berlayar untuk merenda tiga pelabuhan di dua kabupaten, yakni Flores Timur dan Kabupaten Lembata.

KM Sabuk Nusantara 108 berlayar dari Pelabuhan Menanga di Solor, Kabupaten Flores Timur menuju Pelabuhan Lewoleba. Dari Lewoleba, kapal ini terus berlayar menuju Balauring, masih di Kabupaten Lembata.

Kapal ini dari Menanga pukul 07.00 Wita tiba di Lewoleba pukul 11.00 Wita lalu bertolak lagi ke Balauring dan tiba di pelabuhan tujuan pukul 17.00 Wita.

Keesokan harinya, Jumat 26 April 2024 pukul 07.00 Wita, kapal ini bertolak lagi menuju Baranusa kemudian melanjutkan lagi pelayaran menuju Pelabuhan Kalabahi di Kabupaten Alor dan tiba besok petang pukul 18.00 Wita.

Agar kamu bisa tahu lebih jelas tentang rute dan jadwal pelayaran KM Sabuk Nusantara 108 ini, sebaiknya langsung saja cek pada jadwal tol laut yang kami sajikan secara lengkap pada uraian berikut ini.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://kupang.tribunnews.com/2024/04/25/jadwal-tol-laut-di-ntt-hari-ini-kamis-25-april-2024-km-sabuk-nusantara-108-dari-menanga-ke-lewoleba#google_vignette.

Salam,
Divisi Informasi

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat