Saturday, 23 January 2021 / Published in Berita

JAKARTA, investor.id –Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mendorong industrialisasi perikanan nasional melalui pengembangan riset dan inovasi. Untuk itu, sudah saatnya keberadaan balai riset perikanan tidak hanya menjadi pusat penelitian tapi juga mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat, daerah, dan negara.

“Sebenarnya ukuran keberhasilannya bukan sebatas pada kita mampu menghasilkan benih lobster, benih ikan kerapu, tuna dan sebagainya, tetapi sebetulnya seberapa besar industri turunan dari hasil riset ini menjadi besar,” ujar Trenggono dalam keterangannya, kemarin. 

Trenggono mengatakan itu saat mengunjungi Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) di Kabupaten Buleleng, Bali, Rabu (20/1). Trenggono menaruh harapan besar pada balai riset di Buleleng tersebut untuk membangun industri perikanan dari penelitian yang mereka hasilkan, baik itu industri budidaya ikan, benih, maupun usaha turunan lain, seperti abalone kaleng, pakan, dan jenis garam-garaman. 

Dari semua opsi itu, Trenggono menekankan untuk membangun industri perikanan budidaya. Sebab, selain karena balai itu sudah mampu menghasilkan beragam jenis benih ikan laut, seperti tuna dan kerapu, juga sejalan dengan kultur masyarakat Pulau Dewata yang menyukai kelestarian. “Budaya di Bali itu selalu berkesinambungan dan tujuan budidaya itu untuk menjaga kebersinambungan ekosistem,” jelas dia.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://investor.id/business/menteri-trenggono-pacu-industrialisasi-perikanan

Salam,
Divisi Informasi 

Saturday, 23 January 2021 / Published in Berita

Jakarta, Beritasatu.com – Di tengah pandemi Covid-19 yang menghantam perekonomian nasional dan global, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 tetap mampu mencatat kinerja positif sepanjang 2020.

Hal ini dicapai berkat sejumlah strategi yang dilakukan Pelindo 1 antara lain mendorong investasi di Pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung, mempercepat inovasi dan implementasi digital, serta meningkatkan kolaborasi dan partnership.

“Alhamdulillah, meskipun secara umum kondisi usaha dan bisnis cukup berat pada 2020, Pelindo 1 tetap mencatatkan pertumbuhan di sejumlah segmen usaha. Dengan demikian, Pelindo 1 bisa mempertahankan kesinambungan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Terimakasih pada semua mitra dan pengguna jasa yang tetap menaruh kepercayaan tinggi kepada Pelindo 1.Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan,” kata Direktur Utama Pelindo 1 Dani Rusli Utama dalam siaran persnya, Jumat (22/1/2021).

Kinerja positif Pelindo 1 ditopang segmen bongkar muat peti kemas yang tumbuh 6,35% dari 1,33 juta TEUs (twenty-foot equivalent unit) pada 2019 menjadi 1,42 juta TEUs pada 2020. Peningkatan bongkar muat peti kemas ini lebih banyak didorong oleh perdagangan domestik.

Di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang merupakan terminal petikemas terbesar milik Pelindo 1 mencatat bongkar muat peti kemas di terminal domestik sepanjang 2020 mencapai 575.300 TEUs, naik 7,85% dibandingkan tahun 2019 yang sebesar 533.406 TEUs.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://republika.co.id/berita/qn9sn0349/kementanbangun-1000-kampung-hortikultura-untuk-fokus-ekspor

Salam,
Divisi Informasi 

Saturday, 23 January 2021 / Published in Berita

Merdeka.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengungkapkan, Inpres ini beserta lampirannya akan dilaksanakan dan diselesaikan paling lambat dua tahun sejak dikeluarkan.

“Ini yang harus kita rawat betul dan kita maksimalkan untuk bisa agar Inpres yang diberi batas waktu selama dua tahun ini kita bisa mengerjakan sebaik-baiknya dalam kurun waktu 2021-2022,” tegasnya seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Jumat (22/1).

Dalam lampiran Inpres Nomor 1 Tahun 2021 yang dapat diakses di laman jdih.setkab.go.id terdapat 60 program yang harus dilaksanakan. Untuk Kawasan Perbatasan Aruk, Provinsi Kalimantan Barat, terdapat 21 program, dengan rincian sebagai berikut:

Kementerian Pertanian melaksanakan lima program kegiatan, yakni pembangunan pusat pembenihan dan pengembangan kawasan sentra produksi tanaman lada, pengembangan kawasan Sentra Produksi Tanaman Jeruk yang menerapkan Teknologi Buah Berjenjang Sepanjang Tahun (BUJANGSETA), pengembangan budidaya Padi Rawa dan Padi Inbrida, pengembangan Kawasan Sentra Produksi Tanaman Padi untuk menghasilkan Beras Premium, dan pengembangan Kawasan Sentra Produksi Kelapa.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.merdeka.com/uang/fokus-pemerintah-percepat-pembangunan-ekonomi-di-3-kawasan-perbatasan.html

Salam,
Divisi Informasi 

Friday, 22 January 2021 / Published in Berita

Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan transaksi e-commerce tahun ini hingga 33,2% dari tahun 2020 yang sebesar Rp 253 triliun menjadi Rp 337 triliun di tahun 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan transaksi ekonomi digital akan semakin pesat di tahun ini, karena pandemi Covid-19 masih belum 

“Bahwa perdagangan online e-commerce, marketplace itu sangat luar biasa tumbuh 33,2%. E-commerce tahun lalu estimasi kami Rp 253 triliun meningkat dari tahun 2019 Rp 205,5 triliun. Kemudian tahun ini meningkat tinggi jadi Rp 337 triliun,” jelas Perry dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (22/1/2021).

Peningkatan jumlah transaksi lewat e-commerce juga, kata Perry tidak terlepas dari kebijakan pemerintah dalam mendorong akseptasi digital kepada masyarakat, serta terus mengakselerasi perkembangan fintech dan digital banking.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210122114013-37-217989/bi-proyeksi-transaksi-e-commerce-tahun-ini-tembus-rp-337-t

Salam,
Divisi Informasi 

Friday, 22 January 2021 / Published in Berita

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia memiliki peluang untuk mengembangkan produk berbasis ekonomi hijau. Hal ini akan masuk rencana jangka panjang pemerintah.
“Saya melihat ada kekuatan di green product, green economy,” ucap Jokowi dalam dalam 11th Kompas100 CEO Forum “Let’s Collaborate; Rising in Pandemic Era”, Kamis (21/1).

Menurut Jokowi, produk ramah lingkungan akan memberikan keuntungan bagi Indonesia. Sebab, banyak negara yang juga fokus terhadap produk berbasis ekonomi hijau.

“Di Eropa sekarang mulai membatasi, semua ke depan harus green product,” terang Jokowi.

Kepala negara menyatakan jenis produk berbasis ekonomi hijau yang akan berkembang, antara lain low carbon, resources efficient, dan socially inclusive. Indonesia, kata Jokowi, ada kesempatan untuk ke produk hijau dari sisi produksi, distribusi, dan konsumsi.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210121163357-532-596769/jokowi-sebut-ri-punya-peluang-kembangkan-produk-ekonomi-hijau

Salam,
Divisi Informasi 

Friday, 22 January 2021 / Published in Berita

Bisnis.com, PEKANBARU – Dinas Perhubungan Provinsi Riau telah mengeluarkan aturan baru tentang batasan tonase kendaraan yang akan melintasi pelabuhan roll on-roll off (Roro) Dumai-Rupat. Kendaraan yang ingin melintas hanya boleh memiliki tonase maksimal 8 ton.

Kepala Seksi Operasi Dinas Perhubungan Riau Suardi menjelaskan regulasi dimaksud bertujuan untuk menjaga kondisi jembatan dan mobile bridge pelabuhan penyeberangan Roro Tanjung Kapal, Pulau Rupat, Bengkalis dan pelabuhan penyeberangan Roro Sri Junjungan Dumai tetap kokoh.

“Kendaraan tonase 8 ton lebih tidak diizinkan lagi melintas menggunakan penyeberangan RoRo Tanjung Kapal Rupat-Dumai,” kata Suardi dalam siaran pers Rabu (20/1/2021).

Menurutnya aturan tersebut berdasarkan Surat Edaran Gubernur Riau Nomor: 296/SE/2020 tanggal 16 Oktober 2020 tentang Penetapan Jumlah Berat yang Diizinkan/Tonase Kendaraan Angkutan Barang dan Muatan Pada Lintasan Pelabuhan Penyeberangan Dumai dan Tanjung Kapal.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://sumatra.bisnis.com/read/20210120/534/1345516/dishub-riau-batasi-tonase-kendaraan-saat-menyeberangi-roro-dumai-rupat

Salam,
Divisi Informasi 

Friday, 22 January 2021 / Published in Berita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pertanian (Kementan) menunjukkan peningkatan kinerja utamanya untuk subsektor hortikultura. Hal ini terlihat dengan naiknya angka ekspor produk hortikultura secara signifikan, yakni sebesar 23,31 persen.

“Patut kita syukuri bahwa ekspor produk hortikultura mengalami peningkatan yang baik di tahun 2020. Angkanya sebesar 23,31 persen dengan total nilai sebesar 430,4 juta Dolar AS atau setara dengan Rp 6,25 triliun. Peningkatan ini menunjukkan kinerja produksi hortikultura mengalami perbaikan,” ungkap anggota Komisi IV DPR RI, Abdullah Tuasikal dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR RI dengan jajaran Eselon 1 Kementan, Selasa (19/1).

Abdullah menambahkan, sub sektor hortikultura memiliki keunggulan yang bermanfaat bagi kesejahteraan petani, ekspor dan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi Kementan untuk memperhatikan keberlanjutan pasokan produk hortikultura di pasaran serta meningkatkan ekspor. Sekaligus penyelesaian kendala impor dengan melibatkan baik kementerian, lembaga, swasta maupun stakeholder terkait lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto mengungkapkan bahwa pada 2021 Kementan memiliki sejumlah strategi peningkatan ekspor terutama buah-buahan, melalui program 1000 Kampung Hortikultura. Program ini tidak hanya bertujuan untuk menggenjot produksi tetapi juga termasuk menggerakkan perekonomian desa dan membuka lapangan kerja produktif.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://republika.co.id/berita/qn9sn0349/kementanbangun-1000-kampung-hortikultura-untuk-fokus-ekspor

Salam,
Divisi Informasi 

Friday, 22 January 2021 / Published in Berita

Hulubalang Bintan menilai pengelolaan Pelabuhan Bongkar Muat Segara, Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau perlu pembenahan di berbagai sektor.

Panglima Hulubalang Bintan, Kepulauan Riau Normansyah, di Tanjungpinang, Rabu (20/1/2021), mengatakan pengelolaan kegiatan di Pelabuhan Segara Tanjung Uban terbilang tidak sesuai standar.

Ia menyebutkan beberapa kegiatan tak sesuai standarisasi yakni pendistribusian air baku untuk kebutuhan kapal roro di Pelabuhan Segara. Menurutnya, air tersebut tidak higienis.

Hulubalang Bintan menemukan sumber air yang didistribusikan ke kapal roro tersebut dari Sungai Jagoh tanpa proses penyaringan terlebih dahulu. Mereka menilai air tersebut terkontaminasi limbah manusia.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://pijarkepri.com/2021/01/hulubalang-bintan-nilai-pelabuhan-bongkar-muat-segara-perlu-pembenahan/

Salam,
Divisi Informasi 

Thursday, 21 January 2021 / Published in Berita

REPUBLIKA.CO.ID, PARIGI — Otoritas Pelabuhan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah membuka pangkalan bagi kapal perintis. Hal ini guna mempermudah akses Tol Laut untuk distribusi barang antarpulau.

“Pelabuhan Parigi menjadi salah satu pangkalan kapal perintis dan armada masih dalam perjalanan dari Pontianak, Kalimantan Barat menuju Parigi Moutong. Diupayakan pekan ini armada laut tersebut tiba,” kata Kepala Pelabuhan kelas tiga Parigi, Kabupaten Parigi Moutong Abd Faisal AB Pontohdi Parigi, Rabu (20/1).

Selain itu Pelabuhan Parigi juga menjadi pelabuhan transit bagi dua kapal perintis berpangkalan di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una dan Kabupaten Banggai yang saat ini melayani rute Parigi sejak pertengahan 2020.

Oleh karena itu, hadirnya kapal perintis nanti maka paling tidak ada empat kapal barang tol laut keluar-masuk Pelabuhan Parigi mengangkut logistik antarpulau dengan rute pelayaran yakni Provinsi Gorontalo, Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara, pelabuhan Pagimana, Kabupaten Banggai, Pelabuhan Ampana, Tojo Una-Una dan Pelabuhan Parigi serta Pelabuhan Tinombo, Parigi Moutong, Sulteng.

“Ini peluang besar bagi pengusaha lokal memanfaatkan moda transportasi tol laut untuk angkutan barang dengan biaya transportasi lebih hemat guna mempermudah aktivitas antarpulau,” ujar Faisal.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.republika.co.id/berita/qn86cy383/pelabuhan-parigi-buka-pangkalan-kapal-perintis-tol-laut

Salam,
Divisi Informasi 

Thursday, 21 January 2021 / Published in Berita

Jakarta (ANTARA) – BUMN penyedia jasa logistik, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Perikanan Nusantara (Persero) untuk pemanfaatan logistik terpadu berbasis teknologi informasi.

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu menyampaikan kerja sama itu untuk menggali pemanfaatan potensi dari masing-masing pihak.

“Dengan bergabungnya BGR Logistics menjadi bagian BUMN Klaster Pangan, kami berharap bahwa pekerjaan logistik terpadu dari Perinus dan BUMN Klaster Pangan lainnya dapat kami kelola,” katanya.

Ia menambahkan, dengan implementasi teknologi informasi pada setiap bisnis proses BGR Logistics, pihaknya siap memberikan layanan logistik terpadu yang efisien.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.antaranews.com/berita/1958568/bgr-logistics-perinus-mou-pemanfaatan-logistik-berbasis-teknologi

Salam,
Divisi Informasi 

VIEW ALL
TOP
WhatsApp chat